Paris Dilanda Gelombang Panas di Atas 40 Derajat Celsius

TrubusNews
Astri Sofyanti
27 Juni 2019   12:00 WIB

Komentar
Paris Dilanda Gelombang Panas di Atas 40 Derajat Celsius

Gelombang Panas tengah melanda Kota Paris, Perancis (Foto : Reuters)

Trubus.id -- Saat ini sejumlah negara di Eropa tengah menghadapi gelombang panas. Kota Paris, Prancis menjadi salah satu negara yang terkena dampak gelombang panas ekstrem tersebut. Dilaporkan suhu udara Kota Paris mencapai 40 derajat Celsius pada pekan ini.

Dilaporkan BBC, Kamis (27/6), Pemerintah Prancis meliburkan sejumlah sekolah akibat gelombang panas melanda beberapa wilayah negara tersebut akibat gelombang panas ekstrem.

Pemerintah Kota Paris melaporkan, sebanyak 50 sekolah di kawasan Essonne yang ditutup karena tidak memiliki pendingin udara yang memadai. Pada Kamis (27/6), BFMTV Prancis melaporkan, sekolah-sekolah di wilayah Val-de-Marne dan Seine-et-Marne juga ditutup sementara karena dampak gelombang panas ekstrem.

Baca Lainnya : India Dilanda Gelombang Panas Ekstrem, BMKG: Indonesia Tak Akan Alami Fenomena Serupa

Badan Meteorologi Prancis memperingatkan kemungkinan suhu udara tidak akan turun selama beberapa pekan. Bahkan, di malam hari suhu terendah diperkirakan tetap di atas 20 derajat celsius.

Bahkan, Pemerintah Kota Paris hanya memperbolehkan kendaraan minim polusi yang diizinkan melintasi Kota Paris dan Lyon. Pemerintah Kota Paris mengimbau warga untuk menggunakan kendaraan umum untuk beraktivitas selama cuaca panas masih terjadi. Pembatasan kendaraan ini mulai dilakukan sejak Rabu (26/6) kemarin. Hal ini dilakukan lantaran Kota Paris sangat rentan terhadap kabut asap ketika terjadi cuaca panas.

Baca Lainnya : Kematian Akibat Gelombang Panas Terus Mengintai Distrik Miskin di India, 49 Orang Tewas

Pemerintah Kota Paris telah mengantisipasi gelombang panas dengan menyiapkan beberapa rencana. Salah satunya menyiapkan sekitar 900 tempat dingin dengan suhu rendah dari jalanan kota, seperti taman, ruang publik ber-AC, hingga mesin pendingin. Saat ini, pemerintah menyiapkan 13 ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati masyarakat.

Sementara itu Paris, di bagian timur laut Spanyol, suhu udara diperkirakan akan mencapai 45 derajat celcius pada Jumat (28/6) besok. Jerman dan Italia masih di bawah 40 derajat celcius. Udara yang sangat panas ini bertiup dari Sahara. Dikabarkan pula gelombang panas juga melanda Swiss, Jerman dan Belgia.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: