Swedia Kembangkan Teknologi Sensor Baru untuk Ukur Polusi Udara

TrubusNews
Ayu E Setyowati | Followers 2
25 Juni 2019   16:00

Komentar
Swedia Kembangkan Teknologi Sensor Baru untuk Ukur Polusi Udara

Sensor baru untuk ukur polusi udara yang tengah dikembangkan Swedia. (Foto : Inhabitat)

Trubus.id -- Para ilmuwan sepakat bahwa polusi udara mempersingkat kehidupan banyak orang Eropa setiap tahun, tetapi mereka kesulitan mengukurnya dengan akurat. Sekarang, berkat teknologi sensor baru yang dikembangkan di Chalmers University of Technology Swedia, ada teknologi baru untuk menunjukkan secara tepat polusi udara dan menghitung pengaruhnya.

Sensor-nano optik baru ini mendeteksi konsentrasi nitrogen dioksida hingga ke tingkat bagian per miliar. Konsep yang mendasarinya adalah fenomena optimal yang disebut plasmon, yang berkaitan dengan osilasi plasma dalam fisika. Para ilmuwan menggunakan sensor untuk mendeteksi nanopartikel logam iluminasi yang menyerap panjang gelombang cahaya tertentu - yang dengannya mereka dapat mengukur polusi.

Baca Lainnya : Satelit Baru China, Mampu Pantau Kualitas Perairan Terbuka Hingga Polusi Udara

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa polusi udara menyebabkan 550.000 kematian prematur di Eropa setiap tahun dan 7 juta di seluruh dunia.

"Polusi udara adalah masalah kesehatan global," kata peneliti Chalmers, Irem Tanyeli, yang membantu mengembangkan sensor. “Untuk dapat berkontribusi pada peningkatan pengetahuan dan lingkungan yang lebih baik terasa luar biasa. Dengan bantuan sensor kecil dan portabel ini, dapat menjadi lebih sederhana dan lebih murah untuk mengukur emisi berbahaya dengan sangat akurat."

Tim peneliti universitas bekerja dengan perusahaan Insplorion yang berbasis di Gothenburg - yang didirikan bersama oleh Christoph Langhammer, seorang profesor fisika Chalmers - untuk membawa sensor keluar dari lab dan ke jalan-jalan di Gothenburg. “Ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana sebuah universitas dan perusahaan dapat berkolaborasi. 

Baca Lainnya : Keren, Anak Sekolah Bikin Sepeda Penyaring Polusi Udara

Kedua belah pihak berkontribusi dengan keahlian mereka untuk menciptakan produk baru, berkontribusi pada masyarakat yang lebih berkelanjutan,” kata Langhammer. Sensor sudah dipasang di atap pusat perbelanjaan besar Gothenburg dan akan segera ditempatkan di sepanjang proyek pembangunan terowongan kereta api lokal.

Sensor juga dapat dikalibrasi untuk mengukur gas lain. “Nitrogen dioksida hanyalah salah satu dari banyak zat yang dapat dideteksi dengan bantuan nanosensor optik. Ada peluang besar untuk jenis teknologi ini,” kata Langhammer. Perusahaan dan universitas di dalam dan di luar Swedia telah melakukan kontak untuk melihat apakah sensor nano dapat membantu tujuan mereka. [RN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 25 Juni 2019 - 18:35

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: