Bahaya, Air Minum Kemasan di California Terdeteksi Mengandung Arsenik 

TrubusNews
Syahroni
25 Juni 2019   14:35 WIB

Komentar
Bahaya, Air Minum Kemasan di California Terdeteksi Mengandung Arsenik 

Air minum kemasan yang diproduksi Whole Foods dan Keurig Dr Pepper mengandung arsenik berlebih. (Foto : Beverage Daily )

Trubus.id -- Berbagai penelitian telah menemukan arsenik dalam air kemasan yang dijual di seluruh penjuru Amerika Serikat. Perusahaan besar Whole Foods dan Keurig Dr. Pepper dikecam karena merek air minum kemasan mereka, Peñafiel dan Starkey, menurut Pusat Kesehatan Lingkungan California, telah melebihi batas federal untuk arsenik yang terkandung dalam minuman kemasan mereka.

Sebuah studi yang menguatkan oleh Consumer Reports juga menemukan bahwa perairan - dimana sumber mata airnya  berada - melebihi batas federal untuk arsen sebesar 10 bagian per miliar. Meskipun ada tekanan dari Food and Drug Administration, Whole Foods belum mengeluarkan penarikan. Menurut Whole Foods, sebuah studi internal menemukan bahwa airnya berada dalam batas keamanan federal.

Pusat Kesehatan Lingkungan tidak merilis temuan pasti dari penelitiannya, karena telah meluncurkan gugatan terhadap kedua perusahaan. Hasil spesifik analisis bersifat rahasia sampai pemberitahuan lebih lanjut.

"Arsenik ketika hadir dalam makanan pada tingkat yang sangat tinggi, jauh di atas yang terdeteksi dalam sampel Peñafiel baru-baru ini, dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis," kata Keurig Dr Pepper dalam siaran pers perusahaan. "Tes kualitas air sampel Peñafiel yang dilakukan oleh laboratorium independen atas nama Keurig Dr Pepper mendeteksi arsenik pada tingkat yang melebihi standar air botolan FDA untuk air mineral 10 ppb." terangnya lagi.

Peñafiel diimpor dari Meksiko, tempat pembotolan dihentikan hingga penyelidikan lebih lanjut. Starkey dibotolkan dari sumber mata air di Idaho yang baru-baru ini dipuji karena kemurniannya selama peluncuran merek pada 2016. Namun, pada 2017, Food and Drug Administration sudah menarik produk untuk pertama kalinya.

Air kemasan botol adalah jenis minuman botol terlaris di AS, dengan sebagian besar konsumen menganggapnya lebih aman daripada air keran kota. [RN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: