Menteri Siti Perintahkan Penelitian Penyebab Banjir Konawe, Sulteng

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
21 Juni 2019   07:00

Komentar
Menteri Siti Perintahkan Penelitian Penyebab Banjir Konawe, Sulteng

Banjir Konawe, Sulawesi Utara (Foto : Dok BNPB)

Trubus.id -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, SIti Nurbaya Bakar memerintahkan penelitian dan cek terkait banjir Konawe Sulawesi Tenggara. Perintah itu diungkap disela-sela pelaksanaan peresmian Sidarling dan Ecoparian di Tukad Badung, Denpasar, Bali, Kamis (20/6) kemarin. 

"Terkait banjir Konawe, saya harus lihat datanya karena dalam hal ini harus dilihat secara keseluruhan dalam satu sistem daerah aliran sungai. Itu daerah aliran sungai 600 ribu ha, untuk tambangnya secara keseluruhan, rasanya tidak sampai 8 ribu ha, jadi memang harus dilihat betul di upstream bagian mana, disamping itu, anak-anak kami di lapangan juga lagi mengecek," kata Siti Nurbaya.

Ia mengatakan, terkait musibah banjir yang melanda kawasan Sulawesi Tenggara itu, saat ini pihaknya sedang mengecek lebih lanjut dengan mengumpulkan data-data secara keseluruhan terutama terkait sistem daerah aliran sungai yang berada di sekitar lokasi banjir.

Selain itu, pengecekan juga dilakukan terhadap aliran sungai seluas 600 ribu hektare dengan kawasan tambang yang tidak mencapai 8.000 hektare ini. Untuk itu, pengecekan dimulai dari hulu ke hulu untuk mendeteksi penyebab asal dari banjir yang datang.

Sebelumnya, Siti menyampaikan akan meneliti terkait dengan ekses dari perizinan terhadap banjir besar yang terjadi di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Selain itu juga tentang penanganan di wilayah hulu, Siti akan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berfokus untuk menangani persoalan di hulu dengan melakukan penanaman pohon.

“Tapi kalau sekarang tanam hasilnya kan baru tiga tahun lagi. Berarti sekarang yang harus dicek adalah bangunan-bangunan penahan, (mengatasi) erosi paling. Itu yang mungkin bisa dipercepat dari pada soal menanam, ya,” Siti menjelaskan.

Kondisi banjir di Sulawesi Tenggara yang melanda Kabupaten Konawe dipicu karena curah hujan dengan intensitas tinggi dan mengakibatkan 36 jiwa mengungsi dan 240 jiwa terdampak. (ANTARA). [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 21 Juni 2019 - 17:54

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: