Tangkal Hama, Petani di Kebumen Mulai Tanam Refugia di Dekat Sawah Mereka

TrubusNews
Syahroni
20 Juni 2019   23:00 WIB

Komentar
Tangkal Hama, Petani di Kebumen Mulai Tanam Refugia di Dekat Sawah Mereka

Pemanfaatan Refugia sebagai tanaman penangkal hama pengganggu tanaman padi di Kebumen, Jawa Tengah. (Foto : Krjogja.com/ Dasih Darmawanti)

Trubus.id -- Kesadaran masyarakat akan bahaya penggunaan pestisida bagi lingkungan sedikit demi sedikit sudah mulai terbentuk. Sebagai penggantinya, banyak petani yang mulai memanfaatkan tanaman lain yang tidak disukai hama pengganggu. Seperti bunga hias contohnya.

Hal yang sama juga kini dilakukan para petani di di sejumlah kecamatan di Kebumen, Jawa Tengah. Untuk mengendalikan hama penyerang tanaman padi seperti wereng dan walang sangit, mereka memanfaatkan refugia atau aneka jenis tanaman hias berbunga yang ditanam di dekat area pesawahan mereka.

Baca Lainnya : Terapkan Pertanian Ramah Lingkungan, Ganti Pestisida dengan Bebek Pembasmi Hama

"Sudah 1,5 tahun saya menanam macam-macam tanaman hias berbunga ini di dekat sawah saya," ujar Tukiman, petani Desa Karanggedang, Kecamatan Sruweng, Kebumen, seperti dilansir dari Krjogja.com.

Aneka tanaman Refugia seperti bunga matahari, kertas, kenikir dan jengger itu ditanam Tukiman di sepanjang pematang sawah dan tepi jalan di depan sawahnya. Ternyata usaha Tukiman itu memberikan hasil yang positip. 

"Sejak ada Refugia, tanaman padi saya benar-benar terbebas dari serangan wereng ataupun walang sangit. Padahal sebelumnya, kedua hama itu sangat sering menyerang tanaman padi walaupun sudah disemprot insektisida," beber Tukiman.

Baca Lainnya : Jelang Pergantian Musim, Serangan Hama Ancam Petani

Tukiman sendiri mengaku, informasi tentang manfaat Refugia didapat dari seorang kerabatnya di Purworejo. Sejak Tukiman berhasil menghadirkan keindahan Refugia di areal sawahnya sekaligus terbebasnya tanaman padinya dari serangan wereng dan walang sangit, kini sejumlah petani di Desa Karanggedang telah mengikuti jejaknya. 

Selain di Karanggedang, penggunaan Refugia sebagai penangkal hama juga dilakukan sejumlah petani Kebumen di Kecamatan Kutowinangun, Prembun, Klirong, Ambal dan Buluspesantren.

"Di Kutowinanngun penggunaan Refugia sebagai pengusir hama alami sangat digalakkan  oleh para petugas penyuluh pertanian. Karena murah, mudah dan nyata hasilnya, Refugia kini diandalkan oleh banyak petani Kutowinangun sebagai salah satu cara ampuh pengusir hama," ujar Anwar, petani Desa Tunjungseto, Kutowinangun, Kebumen. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: