Usai Dibuka Kembali, Jalur Pendakian Gunung Rinjani di Penuhi Turis Asing

TrubusNews
Astri Sofyanti
19 Juni 2019   14:00 WIB

Komentar
Usai Dibuka Kembali, Jalur Pendakian Gunung Rinjani di Penuhi Turis Asing

Suasana Danau Segara Anak, Gunung Rinjani (Foto : Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi G)

Trubus.id -- Sejak diguncang gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Agustus 2018 lalu, kini akhirnya jalur pendakian Gunung Rinjani baru dibuka kembali pada 14 Juni lalu.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono menyampaikan, setelah dibuka kembali jalur pendakian Gunung Rinjani mulai diserbu oleh ratusan turis asing. 

Dirinya mengatakan, bahwa para pendaki yang didominasi turis asing nampak antusias meskipun jalur pendakian baru dibuka hingga Plawangan.

“Sejak dibuka kembali, lebih dari 200 turis asing mendaki lewat jalur Senaru,” kata Sudiyono, di Lombok, NTB, Rabu (19/6) mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : Indonesia Tuan Rumah Asia Pacific Geoparks Network 2019, Gunung Rinjani Berbenah

Jumlah tersebut diakuinya belum begitu ramai. Ia mengatakan, bahwa jalur pendakian Gunung Rinjani akan dipadati pendaki setiap Agustus hingga September mengingat bulan tersebut merupakan musim liburan di Eropa.

Meski begitu, pihak pengelola tetap akan membatasi jumlah kuota pendakian, yakni masing-masing 150 pendaki per hari di jalur pendakian Senaru dan Sembalun. Sementara kuota di jalur pendakian Timbanuh dan Aik Berik, masing-masing 100 orang per hari.

Penetapan kuota ini diberlakukan melihat pertimbangan daya dukung kawasan setelah terdampak gepa bumi 29 September dan rentetan gempa sepanjang Agustus 2018, yang menyebabkan jalur pendakian rusak parah dan membahayakan keselamatan pendaki.

“Kuota masing-masing jalur pendakian terisi pada puncak musim pendakian Gunung Rinjani, para pelaku usaha jasa wisata pendakian (TO) diminta untuk ikut mempromosikan jalur pendakian yang masih belum ramai sehingga tidak menumpuk hanya di Senaru saja,” pungkasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: