Bintang K-Pop dan Artis Indonesia akan Kolaborasi Jaga Hutan dan Lingkungan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
19 Juni 2019   11:00

Komentar
Bintang K-Pop dan Artis Indonesia akan Kolaborasi Jaga Hutan dan Lingkungan

Menteri LHK, Siti Nurbaya memberikan penjelasan kepada Menteri KFS Kim Jae-Hyun dan sejumlah pejabat lainnya saat dsikusi Asia Pacific Forestry Week (APFW) 2019 di Incheon, Republik Korea. (Foto : Dokumentasi KLHK)

Trubus.id -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan mengajak kaum milenial berpartisipasi dalam kerjasama bidang Kehutanan dan Lingkungan hidup antara Indonesia dengan Republik Korea.  Artis K-Pop dan selebriti Tanah Air turut dilibatkan dalam kerjasama bilateral tersebut. 

“Dalam diskusi sepanjang hari pada Panel Asia Pasific Forest Comission FAO hari pertama muncul aspek terkait generasi muda dan hutan. Saya kira ini penting.  Di Indonesia beberapa tokoh seni dan musik kita juga cukup menonjol menjadi aktivis lingkungan. Seperti Opie Andaresta, Glenn Fredly, Nicolas Saputra, Nugie, Melanie dan masih banyak lagi," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Siti Nurbaya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (19/9).

Menteri Siti Nurbaya di sela-sela acara Asia Pacific Forestry Week (APFW) 2019 di Incheon, Republik Korea mengatakan, para public figur ini diharapkan nantinya bisa menarik minat generasi muda untuk lebih peduli pada pentingnya menjaga hutan dan lingkungan. 

Bentuk kerjasamanya seperti mengadakan festival millenial untuk hutan, pertukaran generasi muda Korea dan Indonesia terutama terkait dengan aspek pendidikan, budaya dan ilmu pengetahuan untuk menyiapkan pemimpin kehutanan dan lingkungan hidup masa depan. 

"Kolaborasi ini menggunakan jalur kultural, misalnya mempertimbangkan kegandrungan generasi muda Indonesia dan Korea pada K-Pop,” terang Menteri Siti Nurbaya. 

Untuk kerja sama pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kehutanan, Indonesia juga mengusulkan adanya kerja sama yang lebih erat antar universitas di Indonesia dan Republik Korea. Disepakati bahwa akan ada tindak lanjut kerja sama antara universitas di Republik Korea dengan universitas-universitas yang bergerak di bidang kehutanan di Indonesia, antara lain Universitas Jambi dan Universitas Lancang Kuning.
 
Menteri KFS Kim Jae-Hyun menyambut baik usulan tersebut dan akan segera menindaklanjutinya dengan Kedutaan Besar Korea di Jakarta.

Diharapkan nantinya kerja sama untuk kaum milenial ini akan melibatkan figur publik Indonesia yang selama ini sudah banyak bergelut dengan isu kehutanan dan lingkungan. 

Sedangkan pihak Republik Korea akan mendekati bintang-bintang K-Pop yang juga memiliki banyak fans di kedua negara. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: