Jepang Keluarkan Peringatan Dini Tsunami Usai Diguncang Gempa M=6,4

TrubusNews
Syahroni
18 Juni 2019   21:30 WIB

Komentar
Jepang Keluarkan Peringatan Dini Tsunami Usai Diguncang Gempa M=6,4

Gempa berkekuatan M=6,4 guncang pantai Jepang, Selasa (18/6) malam memicu peringatan dini tsunami. (Foto : Mirror.co.uk.)

Trubus.id -- Peringatan tsunami telah dikeluarkan Selasa (18/6) malam waktu setempat setelah gempa berkekuatan 6,4 melanda pantai Jepang. Dilansir dari Mirror.co.uk, gempa dilaporkan menghantam 52 mil di timur laut pulau Honshu.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami setinggi satu meter di sepanjang pantai barat laut pulau utama. Kedekatan episentrum gempa ke pantai telah menimbulkan kekhawatiran tentang dampak potensial gempa.

Peta guncangan Pulau Honshu menunjukkan intensitas getaran di berbagai lokasi. Setidaknya satu bagian dari pulau itu berukuran enam magnitudo, yang cukup untuk menghancurkan lebih sedikit rumah tahan gempa. Beberapa laporan menyatakan gempa tersebut berkekuatan 6,8 skala Richter.

Gempa bumi terakhir sebesar ini yang melanda Jepang adalah pada bulan September 2018. Gempa 6,6 skala Richter melanda dekat Tomakomai di Hikkaido, di pulau utara.

Berbeda dengan gempa bumi itu - yang melanda pada kedalaman 21 mil - gempa di Honshu dekat dengan permukaan. Karena hanya 10 mil di bawah permukaan, dampaknya cenderung lebih parah daripada getaran jauh di bawah kerak bumi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jokowi: Sekarang Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Peristiwa   06 April 2020 - 17:02 WIB
Bagikan: