Gempa Magnitudo 5,9 Guncang China, 11 Orang Dilaporkan Tewas

TrubusNews
Astri Sofyanti
18 Juni 2019   11:30 WIB

Komentar
Gempa Magnitudo 5,9 Guncang China, 11 Orang Dilaporkan Tewas

Ilustrasi gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 yang disusul oleh gempa berkekuatan magnutudo 5,2 berpusat di wilayah Yibin, Provinsi Sichuan, China dengan kedalaman 10 kilometer, Senin malam (16/6) mengakibatkan 11 warga setempat meninggal dunia. Pemerintah China menyatakan bahwa lebih dari 112 orang mengalami luka-luka akibat guncangan gempa.

Seperti diketahui, Sichuan merupakan lokasi yang kerap diguncang gempa. Pada 2008 silam, sebanyak 87.000 orang tewas atau dilaporkan menghilang ketika gempa berkekuatan magnitudo 7,9 menerjang.

Dilaporkan getaran gempa juga dirasakan hingga ke sejumlah kota regional utama seperti Ibu Kota Provinsi Chengdu dan kota metropolitan Chongqing. Akibat kondisi tersebut, banyak warga berhamburan ke luar ruangan untuk menyelamatkan diri. Banyak bangunan runtuh akibat guncangan gempa dirasakan cukup dahsyat.

Hingga hari ke tiga pascagempa, tim penyelamat masih berupaya melakukan evakuasi korban selamat yang masih terjebak direruntuhan bangunan.

Bahkan pemerintah China melaporkan, pada Selasa (17/6) gempa susulan kembali terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,2.

Dilaporkan AFP, Selasa (18/6), Delapan dari 11 korban tewas ditemukan di Changning County. Sementara sisanya berada Qixian County berdasarkan keterangan pemerintah Yibin di Weibo. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: