Bantu Perangi Sampah Plastik, Pemuda Ini Ciptakan Sedotan dari Rumput Liar

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
14 Juni 2019   20:30

Komentar
Bantu Perangi Sampah Plastik, Pemuda Ini Ciptakan Sedotan dari Rumput Liar

Sedotan dari rumput liar karya seorang pengusaha muda Vietnam. (Foto : Cuanghang3t.com)

Trubus.id -- Sampah plastik kini tengah jadi perhatian dunia. Salah satu jenis sampah plastik yang paling banyak ditemukan adalah sedotan plastik. Ini bukanlah tugas yang mudah seperti kelihatannya. Banyak orang bergantung pada sedotan atau memilihnya, karena berbagai alasan. Oleh karena itu, pilihan yang ramah lingkungan untuk mengganti plastik telah menjadi kebutuhan.

Beberapa ide muncul sebagai tanggapan terhadap permintaan yang terus meningkat ini. Orang-orang di seluruh dunia datang dengan bahan baru yang ramah lingkungan untuk membuat sedotan. Salah satu solusi cerdik ini datang dari seorang pengusaha muda Vietnam yang baru-baru ini merilis sedotan yang terbuat dari rumput liar. 

Nama pemuda Vietnam itu adalah Tran Minh Tien, dan dia adalah pemilik á»Âng Hút Cá»Â., Sebuah perusahaan yang membuat dua jenis sedotan dari rerumputan. Dia muncul dengan ide inovatif menggunakan spesies rumput yang disebut Lepironia Articulata, yang secara lokal dikenal sebagai co bang, yang tumbuh di sekitar wilayah Delta Mekong di Vietnam barat daya. Dilansir dari Intteligent Living, ide ini sendiri muncul karena dia ingin melakukan sesuatu untuk membantu dalam memerangi sampah plastik.

Rumput sedge memiliki batang berlubang, sehingga secara alami sudah membentuk sedotan. Sedotan tersedia dalam dua versi, satu dikeringkan dan satu lagi segar. Tran menjelaskan dalam sebuah video di Facebook oleh VnExpress International bagaimana rumput diubah menjadi sedotan:

Pertama, Rumput ditanam, dipanen (dikumpulkan), dicuci, dan dipotong panjangnya berukuran 20 sentimeter (sekitar 8 inci).

Kedua, batang besi digunakan untuk membersihkan bagian dalam sedotan.

Ketiga, rumput sedge dicuci dan dibilas sekali lagi.

Keempat, jika mereka harus dijual segar, prosesnya dilakukan dan mereka mengikat sedotan yang siap pakai bersama-sama menggunakan daun pisang.

Kelima, jika mereka harus dijual kering ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Mereka harus menjemurnya di bawah matahari selama dua hingga tiga hari dan kemudian memanggangnya dalam oven.

Sedotan ramah lingkungan ini biasa dijual dalam bundel berisi 100 batang sedotan kering seharga 1.000 Vietnam dong atau sekitar Rp613, dan satu bundel jerami segar seharga 600 dong Vietnam atau sekitar Rp368. Saat ini, sedotan rumput ini hanya tersedia untuk dijual di Vietnam.

Zero Waste Saigon adalah perusahaan lain yang berbasis di Vietnam yang menjual sedotan rumput yang terbuat dari rumput liar Delta Mekong. Sedotan mereka berasal dari produsen yang berbeda dari Hng Hút Cá»Â. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 14 Juni 2019 - 21:19

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: