Dua Ekor Beruang Madu Terperangkap Jeratan di Hutan Aceh

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
13 Juni 2019   18:00

Komentar
Dua Ekor Beruang Madu Terperangkap Jeratan di Hutan Aceh

Dua ekor beruang madu terperangkap jeratan di hutan Aceh (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dua ekor beruang madu ditemukan warga terperangkap hutan aceh, tepatnya di Desa Ladang Neubok, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya. Lokasinya berjarak sekitar 4 Kilometer dari arah barat Kota Blangpidie.

Informasi tentang terjeratnya hewan dengan nama latin Helarctos malayanus itu diterima petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah I Blangpidie dari seorang warga sekitar bernama Bashir.

Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo mengatakan, saat itu warga atas nama Bashir baru pulang dari kebun dan melihat ada dua ekor beruang madu dalam kondisi terperangkap.

Baca Lainnya : Seekor Beruang Madu Diamankan dari 5 Pedagang Satwa Ilegal di Aceh Barat

"Kemudian petugas TNGL dan BKPH wilayah Blangpidie langsung ke lokasi tempat terperangkapnya dua ekor beruang madu," kata Agung, Kamis (13/6).

Di lokasi, petugas yang melihat dua ekor beruang Mlmadu masih terperangkap juga langsung meminta bantuan BKSDA Aceh, tim WCS-IP dan YOSL-OIC untuk melakukan evakuasi, serta penjagaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sambil menunggu tim evakuasi, petugas dan masyarakat melakukan pemantauan dan penjagaan," ujarnya.

Baca Lainnya : Beruang Madu Masuk Permukiman,  Warga Kotawaringin Timur Gempar

Agung menuturkan, berdasarkan keterangan warga, beruang madu tersebut terjerat akibat dari perangkap yang dipasang warga untuk berburu babi hutan. Nahas, yang terjerat malah satwa liar memiliki cakar panjang tersebut.

Tim evakuasi yang dipimpin BKSDA Aceh dibantu NGO, aparat dan masyarakat setempat telah melakukan proses evakuasi terhadap dua individu beruang madu. 

"Kedua beruang madu dibawa ke kantor BKSDA Aceh. Nantinya beruang madu itu akan dilepasliarkan," Agung menandaskan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: