Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas dan Guguran Lava

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
13 Juni 2019   10:30

Komentar
Gunung Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas dan Guguran Lava

Gunung Merapi luncurkan guguran lava pijar (Foto : ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta kembali menginformasikan aktivitas Gunung Merapi. BPPTKG mencatat, Kamis (13/6) Gunung Merapi terpantau CCTV pada periode pengamatan Rabu (12/6) pukul 18.00 WIB hingga Kamis (13/6) pukul 06.00 WIB terjadi guguran lava satu kali dengan jarak luncur 400 meter ke arah hulu Kali Gendol.

“Terjadi awan panas guguran di Gunung merapi pada periode pengamatan Kamis (13/6/19) Gunung Merapi terpantai CCTV pada periode pengamatan Rabu (12/6/19) pukul 18.00 WIB hingga Kamis (13/6/19) pukul 06.00 WIB terjadi guguran lava satu kali dengan jarak luncur 400 meter ke arah hulu Kali Gendol,” tulis BPPTKG pada akun Instagramnya, Kamis (13/6).

Sampai saat ini BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau waspada. Karena itu, untuk sementara, kegiatan pendakian tidak direkomendasikan, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana. Sebagai informasi, BPPTKG mempertahankan status waspada Gunung Merapi sejak 21 Mei 2018 lalu.

BPPTKG juga mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Warga juga diimbau untuk mengantisipasi abu vulkanik dan tetap waspada terhadap bahaya lahar, terutama saat hujan terjadi di Gunung Merapi. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: