Wabah Demam Babi Afrika di China Hingga Vietnam Menyebar Tanpa Kendali

TrubusNews
Syahroni
12 Juni 2019   22:00 WIB

Komentar
Wabah Demam Babi Afrika di China Hingga Vietnam Menyebar Tanpa Kendali

Demam babi Afrika dari China meluas hingga Vietnam dan belum diketahui kapan akan mereda. (Foto : Voc.com)

Trubus.id -- Wabah demam babi Afrika atau yang biasa disebut penyakit Ebola Babi sedang menghancurkan industri ternak babi di Asia tanpa ada tanda-tanda akan reda. Wabah virus saat ini, yang membunuh hampir semua hewan yang terinfeksi, dimulai di China pada bulan Agustus silam. 

Sejak itu, sekitar 22 persen dari kawanan babi di negara itu telah terserang penyakit mematikan tersebut dan langsung dimusnahkan, terang Christine McCracken, seorang ahli protein hewani di Rabobank kepada kantor berita Vox.

Demam babi Afrika juga sekarang menyebar di beberapa negara tetangga China, termasuk Mongolia, Rusia, Kamboja, dan Vietnam. Peta di bawah ini menunjukkan wabah saat ini di Asia, sebagaimana dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Hewan Dunia, atau OIE.

Penyakit ini, yang ditemukan satu abad lalu di Kenya, sangat mematikan bagi babi karena menyebar dengan mudah dan tidak ada perawatan atau vaksin yang bisa menyembuhkannya. Satu-satunya cara bagi produsen babi untuk mencegahnya adalah dengan membunuh semua hewan yang telah terinfeksi atau berpotensi terpapar, atau menerapkan langkah-langkah biosekuriti yang ketat.

Pengendalian

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: