Harga Daging Babi dan Buah Melonjak, Inflasi China Sentuh Rekor Tertinggi

TrubusNews
Syahroni
12 Juni 2019   19:30 WIB

Komentar
Harga Daging Babi dan Buah Melonjak, Inflasi China Sentuh Rekor Tertinggi

Lonjakan harga daging babi sumbang inflasi China. (Foto : Wall Street Journal)

Trubus.id -- Selama 15 bulan terakhir, inflasi China naik hingga menyentuh level tertingginya di bulan Mei 2019. Kondisi ini didorong oleh lonjakan harga daging babi serta buah-buahan yang disebabkan epidemi demam babi Afrika dan cuaca buruk, menurut data resmi pemerintah, Rabu (12/6).

Biro Statistik Nasional (NBS) menyebut indeks harga konsumen, ukuran dalam inflasi ritel di China, mencapai 2,7 persen pada Mei 2019. Angka inflasi Mei tersebut naik dibandingkan inflasi bulan sebelumnya, yaitu 2,5 persen, dan tercatat yang tertinggi sejak Februari 2018 lalu. 

Baca Lainnya : Demam Babi Afrika Landa China, Ilmuwan Berhasil Lumpuhkan Virus Penyebabnya

"Kenaikan inflasi didorong oleh lonjakan harga daging babi dan buah-buahan. Harga daging babi naik karena epidemi demam babi Afrika," terang NBS, seperti dilansir AFP, Rabu (12/6). 

Menurut data, harga daging babi melonjak 18,2 persen pada Mei 2019. Sementara, harga buah-buahan meningkat 26.7 persen. Kondisi ini terjadi karena cuaca buruk yang tengah melanda negeri itu, sehingga terjadi gangguan pasokan. 

Baca Lainnya : 10 Ribu Babi di China Terjangkit Wabah Demam Afrika

Kendati sebagian harga-harga makanan naik, NBS mengungkapkan permintaan masih tetap lemah. Pelemahan permintaan sebagai dampak dari perang dagang China - AS, yang menimbulkan ketidakpastian ekonomi. 

"Perlambatan pertumbuhan ekonomi China dapat berlanjut, seiring meningkatnya tensi ketegangan perdagangan AS - China. Kami berharap China melakukan langkah-langkah pelonggaran demi meningkatkan kepercayaan diri konsumen dan menstabilkan ekonomi," tulis Nomura International. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Ini Proses Penyaluran Dana Desa

Peristiwa   20 Nov 2019 - 12:37 WIB
Bagikan: