Canggih, Pantau Kualitas Udara di Surabaya Nantinya Bisa Lewat HP Loh

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
07 Juni 2019   20:30

Komentar
Canggih, Pantau Kualitas Udara di Surabaya Nantinya Bisa Lewat HP Loh

Pengendara melintas tak jauh dari papan penunjuk Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). (Foto : Radar Surabaya)

Trubus.id -- Pencemaran udara di kota-kota besar sudah mulai masuk tahap mengkhawatirkan. Karena itu, ada baiknya menghindari bepergian atau melindungi diri dengan masker saat tingkat pencemaran sudah masuk ambang batas tidak aman.

Untuk mengetahui batasan itu, di setiap kota besar dipasang videotron yang memuat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). Namun di sebagian tempat, ada videotron yang terkadang sulit dilihat.

Seperti yang terjadi pada dua videotron yang menayangkan ISPU di Middle East Ring Road (MERR) kawasan Semolowaru, Surabaya ini contohnya. Alat di kawasan MERR itu tertutup pohon sehingga dari jauh tidak terlihat. Baru pada jarak sekitar 4 meter, pengguna jalan bisa melihatnya dengan jelas.

Agar warga lebih mudah mengetahui keadaan udara, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya sendiri berencana membuat aplikasi mobile yang setiap saat bisa diakses masyarakat dengan ponsel cerdas mereka.

”Dengan begitu, warga bisa memantau melalui HP masing-masing,” kata Kasi Pemantauan dan Pengendalian Kualitas Lingkungan Hidup DLH Pemkot Surabaya, Ulfiani Ekasari seperti dilansir dari Jawapos.com.

Menurut Ulfi, aplikasi tersebut sedang dirancang. Belum bisa dipastikan kapan aplikasi informasi itu siap. ”Selain dari aplikasi, bisa juga memantau lewat website. Tunggu saja, nanti kami umumkan,” ujarnya.

Beberapa hal perlu disiapkan, untuk inovasi tersebut. Salah satunya penambahan stasiun pemantauan cuaca.

”Rencananya, kami bangun satu lagi. Kerja sama dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK),” jelasnya. 

Alat baru itu akan menambah akurasi pemantauan cuaca dan kualitas udara di Surabaya. Data juga bisa selalu diperbarui (update).

Saat ini Pemkot Surabaya berusaha memenuhi jumlah alat pantau lingkungan. Selain sebagai alat kontrol, perangkat tersebut menjadi sarana edukasi. Harapannya, masyarakat Surabaya bisa lebih melek kualitas lingkungan di kota sendiri. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 08 Juni 2019 - 21:09

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: