Dampak El Nino Berkepanjangan, Produksi Mangga di Filipina Berlebihan

TrubusNews
Syahroni
07 Juni 2019   09:30 WIB

Komentar
Dampak El Nino Berkepanjangan, Produksi Mangga di Filipina Berlebihan

Dampak El Nino panjang, produksi mangga di Filipina mengalami surplus. (Foto : Philipine News Agency)

Trubus.id -- Kemarau panjang akibat dampak dari fenomena El Nino tengah melanda Filipina. Namun dampak positifnya, di saat-saat seperti ini, tanaman mangga berbuah dengan lebatnya. Bahkan karena hal itu juga Filipina sampai mengalami surplus mangga.

Meski demikian, Sekretaris Departemen Pertanian Filipina Emmanuel Pinol mengaku khawatir dengan kondisi tersebut. Pasalnya dengan banyaknya produksi mangga yang dihasilkan para petani di negaranya, bisa berakibat menurunnya harga jual yang tentunya berdampak pada para petani mangga itu sendiri.

“Ada surplus sekitar 2 juta kilo mangga saat ini, dan itu hanya terjadi di Luzon,” ujar Pinol sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Selasa (4/6) lalu.

Baca Lainnya : Beragam Manfaat Daun Mangga, dari Atasi Diabetes Hingga Obati Batuk dan Demam

Luzon adalah satu dari tiga pulau utama di negara tersebut yang banyak ditanami mangga. “Kita perlu mengantisipasi kondisi ini dalam 2 minggu ke depan.”

Sebagai antisipasi membeludaknya produksi mangga di negara itu, Departemen Pertanian akan memulai  promosi besar-besaran di seluruh penjuru Filipina, termasuk juga di pasar ekspor. Yah, mangga adalah salah komoditas ekspor utama Filipina.  

Pemerintah juga mendorong kios-kios di seluruh Filipina menjual mangga seharga US$0,96 per kilo.

Pemerintah, menurut Pinol, juga akan memfasilitasi para petani untuk membangun fasilitas pemrosesan sendiri, menghubungkan mereka dengan perusahaan pelayaran untuk memfasilitasi penjualan, dan meningkatkan ekspor reguler. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: