Ganggu Pengguna Jalan, Polisi Tertibkan Hewan Ternak yang Berkeliaran di Jalinsum

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Juni 2019   21:00 WIB

Komentar
Ganggu Pengguna Jalan, Polisi Tertibkan Hewan Ternak yang Berkeliaran di Jalinsum

Hewan terjadi berkeliaran di jalan ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Para pemudik yang melintasi kawasan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Luhanbatu Raya, Sumatera Utara kerap diganggu oleh kehadiran hewan ternak seperti sapi, kambing hingga kerbau milik warga sekitar yang kerap berkeliaran di jalan.

Guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan siap membantu Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat menertibkan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah ini.

“Kami siap membantu menertibkan hewan ternak yang dilepasliarkan di jalan daerah ini, demi kenyamanan warga yang mudik dan balik lebaran tahun ini,” kata Kabag Operasi Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko Kompol Hasdi dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa (4/6/19) melansir Antaranews.

Diakui Hasdi, hal itu terkait banyaknya hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah ini saat mudik dan balik lebaran.

Selain itu, kepolisian resor setempat tahun sebelumnya dilibatkan dalam tim ketertiban umum yang bertugas salah satunya menertibkan hewan ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di jalan raya, pemukiman penduduk dan fasilitas umum di daerah ini.

“Tahun ini belum ada dalam kegiatan menertibkan hewan ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di jalan raya, pemukiman penduduk dan fasilitas umum di daerah ini,” tambahnya.

Terkait dengan penertiban hewan ternak untuk mengantisipasi jangan sampai hewan berkaki empat tersebut mengganggu lalu lintas selama mudik dan balik lebaran tahun ini, ia mengatakan, polisi bersama dengan TNI dan Satpol PP bergabung di pos pengaman untuk menertibkannya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, tugas anggota gabungan polisi, TNI dan Satpol PP di pos pengamanan di daerah ini salah satunya untuk memastikan tidak ada gangguan lalu lintas selama mudik dan balik lebaran.

Sebelumnya, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko A. Halim mengimbau masyarakat yang mudik dan balik Lebaran untuk mewaspadai hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang berkeliaran di Jalinsum.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: