Hujan Abu Akibat Erupsi Gunung Agung Belum Sampai Ganggu Aktivitas Penerbangan

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
31 Mei 2019   16:30

Komentar
Hujan Abu Akibat Erupsi Gunung Agung Belum Sampai Ganggu Aktivitas Penerbangan

Abu vulkanis terlontar dari Gunung Agung saat erupsi yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Karangasem, Bali, Minggu (31/5). Gunung Agung yang berstatus siaga itu kembali erupsi pada pukul 11.42 WITA dengan lontaran abu vulkanis mencapai ketinggian 2.000 meter dari kawah (Foto : Doc/ PVMBG)

Trubus.id -- Gunung Agung di Bali kembali erupsi siang ini pukul 11.42 WITA. Menurut laporan yang disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 m di atas puncak atau kurang lebih 5.142 m di atas permukaan laut.

Dari Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG di Rendang kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi ± 8 menit 4 detik.

Baca Lainnya : Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2000 Meter

Pasca erupsi juga dilaporkan, sejumlah daerah mengalami hujan abu dan hujan pasir. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Made Rentin menyebut, hujan abu dan pasir teramati berlangsung di beberapa desa di Karangasem. 

Rentin menyebut, dua desa, yaitu Kedampal Desa Datah dan Butus Desa Buana Giri mengalami hujan pasir. Lalu Dusun Nangka, Desa Nawakerti, Bukit Galah, dan Desa Ababi mengalami hujan abu. Sementara di desa Pidpid terpantau hujan abu tipis. 

Baca Lainnya : Hujan Abu Erupsi Gunung Agung Terjang 9 Desa dan Batalkan Penerbangan Internasional

Sementara itu, meski hujan abu dan pasir terjadi namun aktivitas penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, masih normal.

"Aktivitas penerbangan masih normal," kata Communication and Legal Head Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim dilansir dari Detik.com, Jumat (31/5).

Menurutnya, sedang dilakukan paper test untuk memastikan jatuhnya abu vulkanik. Hasilnya nihil.

"Kegiatan paper test pukul 12.16-13.16 Nil VA (abu vulkanik,-red) di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai," ujarnya. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 31 Mei 2019 - 20:08

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: