Teror Sapi Gila Kembali Muncul, Ancaman Antraks Merebak dari Gunungkidul

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
30 Mei 2019   19:00

Komentar
Teror Sapi Gila Kembali Muncul, Ancaman Antraks Merebak dari Gunungkidul

Infografis gejala antraks yang bisa menyerang manusia. (Foto : Trubus.id/ Iwan)

Trubus.id -- Sudah lebih dari sepekan belakangan, warga Kabupaten Gunungkidul resah. Kondisi ini terjadi usai ditemukannya hewan ternak yang positif terjangkit bakteri antraks. Temuan ini sendiri dilaporkan terjadi di Dusun Grogol 4, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, 8 Mei silam. 

Setelah pemeriksaan dilakukan, ada 5 ternak yang dilaporkan mati karena antraks. Dan yang bikin masyarakat gempar, ada sebagian ternak yang mati disembelih pemiliknya dan dijual ke pasaran. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, usai laporan diterima pihaknya mengambil sampel tanah di beberapa tempat dan mengirimnya ke Balai Besar Veterina (BBVET). 

Dinas Pertanian dan Pangan kemudian melakukan beberapa langkah antisipasi, seperti melaporkan kepada bupati, lalu melaporkan kejadian tersebut kepada Kementrian Pertanian melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawati juga menyebut, pasca temuan ini, Dinkes Gunungkidul langsung memeriksa sejumlah warga yang sempat kontak langsung dengan sapi-sapi yang terkena antraks. Namun belum ditemukan adanya indikasi orang yang terjangkit penyakit ini.

Ternak di Gunungkidul Diisolasi

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: