Serangkaian Tornado Hantam Indiana dan Ohio, 1 Orang Tewas dan Ratusan Terluka

TrubusNews
Syahroni
29 Mei 2019   19:30 WIB

Komentar
Serangkaian Tornado Hantam Indiana dan Ohio, 1 Orang Tewas dan Ratusan Terluka

Tornado yang menghantam Ohio, AS menewaskan 1 warga dan merusak banyak rumah. (Foto : Doc/ NBC News)

Trubus.id -- Bencana topan tornado kerap melanda beberapa wilayah Amerika. Namun tornado yang terjadi Selasa (28/5) kemarin, berdampak sangat parah. Dilansir dari Associated Press (AP), Rabu (28/5), tornado yang menghantam Ohio dan Indiana kali ini menewaskan 1 orang warga dan setidaknya melukai 130 lainnya. Tak hanya itu, banyak juga rumah yang hancur akibat kejadian ini. 

Korban tewas diketahui bernama Melvin Dale Hanna (82). Dia tewas saat tornado menghantam Celina, Ohio. Yang mengenaskan, ia tewas setelah sebuah mobil yang terhempas tornado terlempar dan meledak di rumahnya.

Wali Kota Ohio, Jeffrey Hazel juga mengatakan, akibat bencana ini lebih dari dua lusin orang dirawat di rumah sakit.

Baca Lainnya : Badai Tornado Dahsyat Terjang Amerika Serikat, 3 Orang Dilaporkan Tewas

Rangkaian badai tornado sebelumnya dilaporkan terjadi puluhan kali selama beberapa hari terakhir. Sebelumnya telah diramalkan, 55 bencana angin puting beliung terjadi sejak Senin 27 Mei di 8 negara bagian yang membentang ke arah timur dari Idaho dan Colorado.

Beberapa pekan terakhir, badan prakiraan cuaca telah melihat aktivitas tornado yang luar biasa tinggi di AS tanpa akhir yang belum juga tampak. Tornado telah mencopot atap-atap, merobohkan rumah-rumah mereka, menumbangkan pohon-pohon, menjatuhkan kabel listrik dan membuat banyak puing sehingga terlihat di radar.

Beberapa kerusakan terberat dilaporkan di luar Dayton, Ohio. Tornado dengan kecepatan angin hingga 225 km/jam melanda dekat Trotwood, Ohio, sebuah komunitas berpopulasi 24.500 jiwa, 12 kilometer di luar Dayton. Beberapa bangunan apartemen rusak atau hancur, termasuk satu kompleks di mana seluruh atapnya robek, dan setidaknya tiga lusin orang dirawat karena luka.

Gubernur Negara Bagian Ohio, Mike DeWine sendiri telah mengeluarkan status keadaan darurat di tiga kota/distrik yang terdampak parah, memungkinkan negara bagian untuk menyediakan pasokan seperti air dan generator.

Laporan yang diposting secara online oleh Pusat Prediksi Badai - Badan Cuaca Nasional AS menunjukkan, 14 tornado diperkirakan mendarat di Indiana, 12 di Colorado dan sembilan di Ohio. Tujuh lainnya dilaporkan di Iowa, lima di Nebraska, empat di Illinois dan tiga di Minnesota, satu sisanya di Idaho.

Baca Lainnya : Tornado Dahsyat di Negara Bagian Amerika Renggut 8 Nyawa

Tepat sebelum tengah malam, sekitar 40 menit setelah tornado menerjang, National Weather Service mempostong twit bahwa yang lain akan melintasi jalurnya.

Di Indiana, angin puting beliung mendarat Senin 27 Mei malam di Pendleton, sekitar 56 kilometer dari Indianapolis. Setidaknya 75 rumah rusak di sana dan di Huntsville, kata juru bicara Manajemen Darurat Kabupaten Madison, Todd Harmeson. Tidak ada cedera serius yang dilaporkan.

Warga Pendleton didesak untuk tinggal di rumah mereka Selasa pagi karena kabel listrik yang terputus dan bahaya lainnya.

Tornado bukan kejadian langka di Amerika Serikat yang biasa dihantam puluhan hingga ratusan per-tahunnya. Tapi, bencana awal pekan ini tidak biasa karena terjadi di wilayah geografis yang sangat luas dan datang di tengah bentangan yang sangat aktif, kata Patrick Mars dari Pusat Prediksi Badai - Badan Cuaca Nasional AS. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: