Massa Udara Basah Pengaruhi Cuaca Ekstrem dalam Tiga Hari ke Depan, Berikut Sebaran Wilayahnya

TrubusNews
Binsar Marulitua
29 Mei 2019   16:00 WIB

Komentar
Massa Udara Basah Pengaruhi Cuaca Ekstrem dalam Tiga Hari ke Depan, Berikut Sebaran Wilayahnya

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari ke depan (29 – 31 Mei 2019) di beberapa wilayah Indonesia.

Hasil pantauan BMKG menunjukkan adanya massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. 

Daerah yang berpotensi memiliki potensi konvektif dari faktor lokal yang kuat di mana nilai indeks labilitas atmosfernya sedang/kuat yaitu di Aceh, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Kep. Riau, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku bag Tenggara, Papua Barat.

Baca Lainnya : Kepala BMKG: Agar Panen Maksimal, Petani Harus Memahami Informasi Cuaca

Sedangkan belokan angin terpantau berada di Aceh, Sumatera Utara, dan Laut Cina Selatan

Beberapa wilayah seperti Riau, Kep. Riau, Kep. Bangka Belitung, dan Maluku terpantau akan mengalami hujan lebat pada hari ini (29/5). Esok harinya (30/5), Riau dan Kep. Riau masih akan mengalami hujan lebat ditambah dengan Sulawesi Barat.

Sedangkan untuk lusa (31/5), daerah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Barat, Riau, serta Sulawesi Barat.

Sementara itu, beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (29/5). Daerah tersebut di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Baca Lainnya : Ternyata, Hujan Es di Indonesia Itu Fenomena Cuaca Alamiah

Esoknya (30/5), daerah yang berpeluang bertambah menjadi Aceh, Sumatera Utara, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, juga Sulawesi Tenggara. 

Kemudian untuk lusa (31/5) giliran Aceh, Sumatera Utara, Kep. Bangka Belitung, Banten, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, serta Sulawesi Tenggara yang berpeluang dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jokowi: Sekarang Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Peristiwa   06 April 2020 - 17:02 WIB
Bagikan: