Jelang Lebaran, Kementerian Perdagangan Pantau Harga dan Ketersediaan Bapok di Pasar Minggu

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Mei 2019   14:30 WIB

Komentar
Jelang Lebaran, Kementerian Perdagangan Pantau Harga dan Ketersediaan Bapok di Pasar Minggu

Ilustrasi kebutuhan bahan pokok cabai dan bawang (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Mendekati Lebaran, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Pasar Minggu.

“Menjelang Lebaran kami (Kementerian Perdagangan) memastikan harga dan etersediaan barang kebutuhan pokok selama puasa dan menjelang Idul Fitri,” kata Srie Agustina ketika memantau harga di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (29/5).

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan sudah melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok sebelum bulan Ramadan. Dilakukannya kembali pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri guna memastikan beberapa upaya baik dari pemerintah daerah termasuk dari BUMN dan fasilitasi dari Kementerian Perdagangan efektif di lapangan.

Baca Lainnya : Mendag Pastikan, Ketersediaan dan Harga Bapok Tetap Stabil Hingga Lebaran

Diakui Agustina, dari hasil pemantauan hari ini, ada sejumlah catatan penting yang diperoleh, pertama di mana stok untuk barang kebutuhan pokok menjelang Lebaran tersedia dengan cukup. Lebih lanjut dirinya mengatakan untuk komoditas beras stok di Pasar Minggu melimpah.

“Pedagang beras yang ada di Pasar Minggu sekitar 20 pedagang, mereka rata-rata memiliki stok untuk seminggu antara tiga sampai empat ton, dengan presentasi beras mediun sebanyak 60 persen, selebihnya adalah beras kualitas premium,” tambahnya.

Baca Lainnya : Pemprov Sumut Perkuat Koordinasi untuk Jaga Stabilitas Harga Bapok Jelang Ramadan

Dirinya mengakui bahwa harga-harga barang kebutuhan pokok di Pasar Minggu Stabil. Tah hanya itu, Agustina menambahkan bahwa beras Bulog juga ditemukan di Pasar Minggu, artinya Perum Bulog juga berperan menyuplai beras-beras kualitas medium ke Pasar Minggu. “Beras kualitas medium milik Perum Bulog harganya sangat terjangkau,” ujarnya kembali.

Sementara untuk daging ayam dikatakan Agustina, harga rata-ratanya berkisar antara Rp30.000 sampai Rp32.000 per kilogram (kg). “Rata-rata harga daging ayam di Pasar Minggu masih wajar dan terjangkau,” pungkasnya. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: