5 Tips Mudik Tanpa Sampah Plastik, Mudah Dilakukan Kok

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
29 Mei 2019   13:00

Komentar
5 Tips Mudik Tanpa Sampah Plastik, Mudah Dilakukan Kok

Mudik Tanpa Sampah Plastik (Foto : Dok KLHK)

Trubus.id -- Lebaran menjadi momen sebagain besar masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman atau yang biasa disebut mudik. Tradisi mudik Lebaran seolah menjadi rutinitas sebagian besar masyarakat setiap tahunnnya. Namun, sayangnya kondisi ini mengakibatkan jalur mudik terkadang dipenuhi beragam sampah plastik, mulai dari sampah kemasan makanan ataupun minuman.

Hal ini terjadi karena belum banyak orang memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah ke jalan. Kebiasaan menyimpan sampah atau membuang sampah pada tempatnya ketika di perjalanan nyatanya belum banyak dilakukan masyarakat. Nah, kamu bisa membuat momen bulan puasa kamu saat mudik menjadi lebih bernilai salah satu caranya dengan tidak membuang sampah ke jalan.

Sebelum melakukan mudik lebaran, ada baiknya kamu membaca dulu himbauan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang membagikan tips mudik tanpa sampah plastik.

Baca Lainnya : Kemenkes: Saat Arus Mudik Lebaran, JKN Bisa Digunakan di Mana Saja

1. Membawa tumbler atau tempat minum sendiri

Ketika perjalanan mudik, usahakan pemudik membawa tumbler minum sendiri. Hal ini dilakukan agar pemudik tidak perlu membeli minuman dengan botol plastik kemasan yang nantinya akan menjadi sampah.

2. Membawa tempat makan sendiri

Pemudik dianjurkan untuk membawa tempat makan sendiri agar tidak menghasilkan sampah. Pasalnya banyak ditemukan bungkus makan di jalan karena banyak orang masih menggunakan kertas makanan untuk membungkus makanan yang akan dimakan saat diperjalanan menuju kampung halaman.

3. Sediakan tempat sampah di dalam kendaraan

Siapkan tempat sampah di dalam kendaraan. Langkah ini dilakukan agar pemudik tidak membuang sampah ke jalan.

Baca Lainnya : Sebelum Mudik, Menkes Imbau Warga Periksakan Kesehatannya Dahulu

4. Tidak menggunakan sedotan plastik

Kalian tentunya sudah mengetahui jika sedotan plastik paling susah terurai. Mulai sekarang biasakan untuk tidak menggunakan sedotan plastik ketika minum. Jika kamu ingin menggunakan sedotan, gunakanlah sedotan yang bisa digunakan berkali-kali yang terbuat dari alumunium dan tidak terbuat dari plastik.

5. Jangan gunakan kantong plastik

Pasti diantara kalian masih membungkus makanan ataupun minuman menggunakan kantong plastik bukan? Jika kamu masih melakukannya, mulai ubah perilaku itu, dan beralih menggunakan tas sendiri. Sebaiknya kita menanamkan kepada diri sendiri untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik, mengingat kantong plastik sama sekali tidak ramah untuk lingkungan. Kantong plastik membutuhkan waktu ribuan tahun agar benar-benar terurai.

So, mulailah mudik tanpa sampah plastik ya guys. Selamat mudik. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: