Pertengahan Ramadan, Permintaan Timun Suri di Kota Medan Masih Tinggi

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 2
27 Mei 2019   21:00

Komentar
Pertengahan Ramadan, Permintaan Timun Suri di Kota Medan Masih Tinggi

Pedagang timun suri di Kota Medan, kebanjiran pelanggan setiap bulan Ramadan. (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Setiap bulan suci Ramadan tiba, komoditas timun suri di berbagai wilayah mengalami lonjakan permintaan. Hal yang sama juga terjadi di Medan, Sumatera Utara. Sejak awal Ramadan, permintaan buah pelepas dahaga ini terus melonjak.

Di Kota Medan, salah satu kawasan yang cukup ramai menjual timun suri ada di Jalan Denai, Medan Denai. Di kawasan ini, sejumlah pedagang menjajakan timun surinya di tepian jalan.

“Kita hanya menjual saat Ramadan saja, karena musimnya saat Ramadan,” kata seorang pedagang timun suri, Eko kepada Trubus.id, Senin (27/5).

Baca Lainnya : Manfaat Timun Suri yang Baik untuk Tubuh Saat Bulan Puasa

Ia mengungkapkan, harga timun suri yang dijualnya bervariasi. Mulai dari Rp5.000 untuk yang berukuran kecil hingga Rp25.000 untuk yang berukuran besar. 

“Memang hanya Ramadan saya jual, karena saat Ramadan banyak yang membeli,” ungkapnya.

Eko mengaku, sudah 5 tahun terakhir menjual timun suri. Dalam sehari selama Ramadan, ia bisa menjual hingga 200 buah. “Timun suri ini cocok untuk dijadikan menu buka puasa, seperti es buah atau timun suri serut. Banyak yang suka,” ujarnya.

Selain di Jalan Medan Denai, pedagang timun suri juga banyak ditemui di kawasan Jalan Sisingamangaraja. “Timun suri ini buah musiman. Kita tidak jual buah ini setiap hari. Sat Ramadan saja,” ungkap pedagang timun suri di Jalan Sisingamangaraja, Netty.

Baca Lainnya : Cocok Dibikin Jus, Ternyata Timun Suri Bisa Mengusir Racun Dalam Tubuh

Menurutnya, pembeli mulai banyak di sore hari karena ingin menjadikan timun suri sebagai menu berbuka puasa. “Sangat segar dan cocok untuk pelepas dahaga setelah seharian berpuasa,” ucapnya.

Salah satu manfaat dari timun suri yaitu mengandung vitamin C, sehingga cukup baik untuk tubuh. Petani timun suri di Pasar I Tembung, Marlina Marpaung mengatakan, setiap bulan Ramadan permintaan cukup banyak.

“Kita tanam timun suri satu kali setahun menjelang puasa. Saat bulan puasa sudah bisa panen dan dijual,” tandasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: