Mendag Pastikan, Ketersediaan dan Harga Bapok Tetap Stabil Hingga Lebaran

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
27 Mei 2019   16:00

Komentar
Mendag Pastikan, Ketersediaan dan Harga Bapok Tetap Stabil Hingga Lebaran

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. (Foto : Trubus.id/ Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Menjelang Lebaran, ketersediaan barang kebutuhan pokok dipastikan dalam kondisi aman. Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag), ENggartiasto Lukita saat membuka Bazar Ramadan di Kantor Pusat Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Dalam kesempatan itu, Enggar mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya kelangkaan bahan pokok yang bisa memicu kenaikan harga karena pihaknya menjamin ketersediaan dan kestabilan harganya hingga menjelang Idul Fitri 2019.

“Sampai hari ini dari 34 provinsi, kita sudah memantau langsung seluruh Eselon I sudah melakukan koordinasi ke kepala dinas di daerah dan juga turun langsung ke pasar, Alhamdullilah semua aman, jadi dengan demikian saya bisa sampaikan, Insya Allah sampai dengan Lebaran, ketersediaan bahan pokok aman dan harga terkendali, inflasi juga terkendali,” kata Enggartiasto saat ditemui Trubus.id di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Baca Lainnya : Kemendag Gelar Bazar Ramadan dengan Harga Terjangkau Selama 3 Hari

Kepada awak media, dirinya menegaskan dalam bulan ini hingga bulan depan tidak ada kenaikan harga kebutuhan pokok jika mungkin terjadi deflasi.

“Deflasi terjadi bukan karena ketidakmampuan masyarakat di dalam meningkatkan pembelian, tetapi karena suplai dan demand terjadi keseimbangan, sehingga membuat harga terkendali,” ujar Enggar menjelaskan.

Selain itu, dirinya berterima kasih kepada para pengusaha, mayoritas swasta yang peduli dengan masyarakat dengan cara menjual kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca Lainnya : Kemendag Optimis, Harga Bahan Pokok Tetap Stabil Hingga Lebaran

“Ini menjadi salah satu bentuk kepedulian dan kebersamaan sesama anak bangsa yang membutuhkan bisa dibantu oleh yang memiliki kelebihan,” tambahnya.

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II mengandalkan konsumsi. Konsumsi ini sendiri di topang dari belanja Ramadan. Guna mendongkraknya Mendag Enggar mengatakan terus mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Untuk itu, jangan lagi ada kerusuhan, kita harus menciptakan suasana aman dan nyaman, maka konsumsi belanja akan meningkat. Hal ini sudah saya tanya kepada para pengusaha retail ini meningkat,” ujarnya kembali.

Untuk itu, dirinya berharap dengan dibagikannya THR, bisa berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi dalam negeri. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 27 Mei 2019 - 20:34

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: