Hujan Abu Erupsi Gunung Agung Terjang 9 Desa dan Batalkan Penerbangan Internasional

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
26 Mei 2019   21:00

Komentar
Hujan Abu Erupsi Gunung Agung Terjang 9 Desa dan Batalkan Penerbangan Internasional

Erupsi Gunung Agung (Foto : BackGrid / dailymail.co.uk)

Trubus.id -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis menyampaikan, berdasarkan catatan Pos pengamatan Gunung Agung di Rendang milik PVMBG, erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sekitar 4 menit 30 detik.

"Erupsi disertai suara gemuruh sedang hingga kuat yang terdengar di pos pengamatan. Erupsi juga disertai lontaran batu/lava pijar sejauh 2,5 kilometer hingga 3 kilometer ke segala arah. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Sebaran abu vulkanik dan pasir mengarah ke selatan," ujar Sutopo.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem melaporkan hujan abu dan pasir terjadi di 9 desa.

Beberapa daerah yang terpapar hujan abu dan pasir tebal yakni Dusun Pura Gae dan Pemuteran di Desa Pempatan; Dusun Temukus, Angsoka, Kesimpar, dan Besakih Kangin di Desa Besakih dan; Dusun Belatung, Pejeng dan Menange di Desa Menanga.

Baca Lainnya : Kembali Erupsi, Gunung Agung Lontaran Batu hingga 3 Km

Lalu Dusun Telung Bhuana, Pura, Lebih, Badeg Dukuh, Sogra, Sebun, Sebudi, dan Bukit Galah di Desa Sebudi. Kemudian di Desa Muncan, Amerta Bhuana, Desa Nongan, dan Desa Rendang.

"Titik api masih terlihat membakar semak belukar di puncak Gunung Agung," ujar Sutopo.

Sutopo juga menyampaikan, berdasarkan pantauan BPBD Bangli, hujan abu turun dengan intesitas tebal melanda 3 kecamatan, yakni Kecamatan Tembuku, Bangli dan Kecamatan Susut.

Baca Lainnya : Masyarakat Sekitar Gunung Agung Diimbau Waspada Aliran Lahar Pascaerupsi

Sebelumnya, dilaporkan juga erupsi Gunung Agung pada Jumat (24/5) malam hingga Sabtu (25/5) dini hari berdampak pada jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti yang menyebutkan, sejumlah penerbangan dibatalkan.

“Data kemarin malam memang ada penerbangan dari dan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dibatalkan,” ungkap Polana. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: