Bulog Sumut Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Hadapi Lebaran

TrubusNews
Thomas Aquinus
23 Mei 2019   17:00 WIB

Komentar
Bulog Sumut Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Hadapi Lebaran

Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Utara (Sumut) terus berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut dan Satgas Pangan (Foto : Trubus.id/Kontributor Reza Perdana)

Trubus.id -- Dalam menjaga keamanan komoditas pangan dan harga saat Ramadan dan Lebaran, Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Utara (Sumut) terus berkoordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut dan Satgas Pangan.

"Hingga saat ini, harga sejumlah komoditas relatif stabil," kata Kepala Perum Bulog Sumut, Basirun, Kamis (23/5).

Dijelaskannya, sebagai stabilisator harga, Bulog Sumut terus memantau perkembangan harga dan pasokannya. Hal ini dilakukan agar tidak ada hambatan apapun, sehingga kondisi harga, pasokan, serta ketersediaan dijamin cukup. 

Baca Lainnya : Kementan Buktikan Mampu Tekan Inflasi dan Stabilkan Harga Pangan

"Komoditas beras misalnya. Saat ini jumlah stoknya sekitar 61.584 ton. Ini merupakan jumlah yang sangat besar, karena biasanya operasi andal itu bulan biasa sekitar 5.000 ton," ujarnya.

Menurut Basirun, hal itu bisa kita tingkatkan 1 bulan 15 ribu ton juga tidak ada masalah. Seberapapun permintaan pasar, baik untuk kegiatan bansos rastra, bencana alam atau tidak ada bencana alam, stok beras tidak ada masalah.

Sementara untuk ketersediaan gula pasir di pasar, Basirun mengklaim aman, dan harga gula masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) atau sama dengan HET. Gula di tingkat eceran sekitar Rp 12.500 dan masih ada yang di bawahnya, serta ada juga gula super di atas HET tapi di jual di toko modern.

Baca Lainnya : Kementerian Perdagangan Buka Bazar Ramadan Harga Terjangkau di Pusdiklat Depok

Untuk gula, Bulog Sumut fokus pada pelayanan di pasar murah, paket sembako, dan kegiatan lain yang bekerjasama dengan beberapa instansi dan juga dengan beberapa BUMN.

"Termasuk juga perbankan di Sumut yang diinisiasi oleh BI di acara penukaran uang sekaligus pasar murah," ujarnya.

Basirun mengungkapkan, Bulog Sumut juga mengadakan pasar murah di beberapa wilayah sesuai permintaan Pemda dan instansi lainnya. 
Di Medan, Bulog bekerjasama dengan sejumlah instansi seperti PT Inalum, Pemko Medan, Rumah Sakit Pirngadi, RS Herna, USU, BPJS, Polda Sumut, BRI dan yayasan lainnya.

"Saat ini kita sudah menyalurkan 35.520 paket. Semua dilayani, mau pesanan paketnya hanya 50 paket atau juga 1.500 paket. Dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini ada tren peningkatan permintaan," Basirun menerangkan. [NN]
 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: