Kementerian Kesehatan Siapkan 6.047 Fasilitas Kesehatan di Jalur Mudik 2019

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
23 Mei 2019   13:30

Komentar
Kementerian Kesehatan Siapkan 6.047 Fasilitas Kesehatan di Jalur Mudik 2019

Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo (Foto : Trubus.id/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Mudik masih menjadi tradisi tiap tahun di Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Guna memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat khususnya pemudik, pemerintah memiliki kewajiban untuk memastikan arus mudik dapat berjalan baik serta mengantisipasi dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) memiliki peran penting dalam mewujudkan mudik yang sehat, aman, dan selamat. Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo mengungkapkan, terkait fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes), Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan dinas kesehatan menyiapkan 6.047 fasilitas layanan kesehatan.

Kementerian Kesehatan menyiapkan 6.047 fasyenkes yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 rumah sakit yang tersebar di jalur Pantura, 144 rumah sakit rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan dan 188 Public Safety Center (PSC). Diakui Bambang jumlah fasilitas layanan kesehatan pada tahun ini meningkat dari pada tahun 2018 sebanyak 3.910 fasyenkes.

Baca Lainnya : Petugas KPPS Gugur, Kemenkes Ungkap Berbagai Macam Penyakit Menjadi Penyebab

"Pada prinsipnya jajaran kesehatan memfasilitasi bagaimana masyarakat untuk mudah mengakses layanan kesehatan. Layanan kesehatan tak hanya untuk yang sakit, tapi untuk mendapatkan informasi kesehatan. Fasyenkes di jalur mudik tersedia selama 24 jam selama mudik lebaran 2019," kata Bambang ketika melakukan Temu Media dalam tema "Kesiapan Sektor Kesehatan dalam Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2019 di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/5).

Lebih lanjut, Bambang menambahkan Kemenkes akan meningkatkan kesiapsiagaan serta memfasilitasi pemudik untuk mendapatkan informasi ataupun pertolongan terkait kesehatan baik di jalur mudil ataupun jalur non mudik.

Bambang merinci fasilitas layanan kesehatan di jalur mudik Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur meliputi fasyenkes di Provinsi Jawa Barat terdiri dari 654 Puskesmas, 186 Rumah Sakit, 315 Poskes, 705 Ambulance R4, 17 Ambulance R2, 11 PSC.

Baca Lainnya : Kemenkes Berikan Perhatian Khusus pada Caleg Stres Pasca-Pemilu

Fasyenkes di Jawa Tengah meliputi 154 Puskesmas, 136 Rumah Sakit, 225 Poskes, Ambulance R4, Ambulance R2 dan PSC. Sementara fasyenkes di Jawa Timur meliputi 924 Puskesmas, 239 Rumah Sakit, 178 klinik, 243 Poskes, dan 16 PSC. Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat/pemudik untuk bisa memanfaatkan PSC 119 untuk melakukan konsultasi kesehatan selama masa mudik Lebaran.

"Pos kesehatan tersedia di terminal, rest area. Sementara fasyankes tersedia di sepanjang jalur mudik," tandas Bambang. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: