Kudus Diguncang Gempa Magnitudo 4,2, Guncangan Terasa Hingga Jepara

TrubusNews
Astri Sofyanti
22 Mei 2019   14:00 WIB

Komentar
Kudus Diguncang Gempa Magnitudo 4,2, Guncangan Terasa Hingga Jepara

Ilustrasi Gempa (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 (M=4,2) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Gempa terjadi pada Rabu (22/5) sekitar pukul 11.22 WIB.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Bergas Catursasi, Rabu (22/5/19) mengutip Antaranews, mengatakan bahwa gempa dirasakan oleh masyarakat. Akibat guncangan gempa, banyak warga berhamburan ke luar rumah.

Adapun pusat gempa berada di lokasi 6.69 LS, 110.78 BT (14 kilometer Barat Laut Kudus-Jateng dengan kedalaman 10 kilometer).

Baca Lainnya : Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Boalemo, BMKG Deteksi Aktivitas Subduksi Sulut

Dirinya mengungkapkan, sampai saat ini tidak mendapatkan informasi dampak gempa bumi baik korban jiwa ataupun kerusakan bangunan. Meski begitu, pihaknya meminta warga Kabupaten Kudus tetap tenang dan tidak panik.

"Jika terjadi gempa susulan sebaiknya bersumbunyi di bawah meja atau di sudut tembok bangunan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Baca Lainnya : Ibu Kota Baru, Kalimantan Punya Riwayat Gempa Signifikan

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto menuturkan gempa yang terjadi di Kabupaten Kudus memang dirasakan hingga Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pati.

"Meskipun demikian, kami masih melakukan pengecekan di lapangan apakah ada dampaknya," ungkapnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: