Pembunuh Rangkong di Kuansing Dituntut 3,5 Tahun Penjara

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
21 Mei 2019   22:30

Komentar
Pembunuh Rangkong di Kuansing Dituntut 3,5 Tahun Penjara

Sisa bagian tubuh burung rangkong yang dibunuh tersangka Arhendi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejak tanggal 11 Januari silam, Arhedi diamankan pihak berwajib. Pria yang merupakan pendatang di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) ini diamankan lantaran ulahnya membantai hewan dilindungi kemudian mengunggahnya ke media sosial. 

Arhedi sendiri diamankan setelah membunuh burung rangkong di kawasan hutan tempatnya berladang. Kini ia dituntut hukuman 3,5 tahun penjara karena ulahnya itu. Tuntutan itu dibacakan jaksa penuntut umum Kejari Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Selasa (21/5).

Baca Lainnya : Pembunuh Rangkong di Riau Akhirnya Ditangkap Polisi

"Terdakwa kita tuntut 3,5 tahun dalam tindak pidana melanggar UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi SDA Hayati dan Ekosistemnya dan jo Pasal 55 ayat (1) KUHP," kata Kajari Kuansing Hari Wibowo melalui Kasi Pidum, Moch Fitry Adhi, dilansir dari Detik.com, Selasa (21/5).

Baca Lainnya : Tak Sekedar Pelepas Lapar, Rangkong yang Dibunuh di Riau Diincar Karena Paruhnya

Adhi menyebutkan, terdakwa dengan sengaja membantai burung enggang. Perbuatan terdakwa dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan melindungi satwa langka.

"Perbuatan terdakwa dapat merusak kelestarian sumber daya alam dan hayati dan ekosistem lainnya yang mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia," kata Adhi. Selain itu, terdakwa juga didenda Rp 100 juta subsider 6 bulan kurungan. [RN]

 

 

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: