Badan POM Tindak Tegas Penjual Produk Pangan Kadaluarsa

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
21 Mei 2019   13:00

Komentar
Badan POM Tindak Tegas Penjual Produk Pangan Kadaluarsa

Kepala Badan POM Menyita Produk Pangan Kadaluwarsa (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Selama bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri, kebutuhan masyarakat untuk berbelanja produk makanan dan minuman mengalami peningkatan. Tapi kondisi ini seolah dimanfaatkan oleh pedagang nakal dengan menjual produk makanan dan minuman kadaluarsa. Bahkan peredaran produk pangan kadaluwarsa justru meningkat.

Guna melindungi masyarakat agar tidak terkecoh dan membeli produk pangan kadaluwarsa, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah tak segan menindak tegas penjual produk pangan kadaluarsa yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Baca Lainnya : Jelang Idul Fitri BPOM Imbau Masyarakat Waspada Parcel Kadaluarsa

Seperti kita ketahui, seseorang yang mengonsumsi makanan atau minuman kadaluarsa dapat membahayakan kesehatan bahkan bisa berakibat keracunan. Pasalnya produk pangan yang telah melewati batas kadaluarsa mengandung banyak bakteri yang bisa memicu sejumlah masalah kesehatan seperti, muntah, diare, sembelit hingga melukai lambung.

“Kami akan tindak tegas toko yang menjual produk kadaluwarsa, kalau perlu kita cabut izinnya untuk menimbulkan efek jera dan kita umumkan ke publik,” tegas Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Selasa (21/5/19) melansir Antaranews.

Bahaya mengonsumsi makanan dan minuman kadaluarsa tidak hanya mengancam kesehatan, tapi juga bisa menyebabkan meninggal dunia. Guna mengantisipasinya, Sekda meminta jajaran Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPPOM) akan melakukan pengawasan dan pemantauan dengan turun langsung ke sejumlah pasar tradisional, minimarket hingga supermarket di Jawa Tengah untuk elakukan pengecekan masa kedaluarsa produk makanan dan minuman.

Untuk itu, kami meminta masyarakat untuk lebih selektif dan cerman sebelum membeli produk makanan dan minuman dengan memperhatikan masa kadaluarsa. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: