Ibu Kota Baru, Kalimantan Punya Riwayat Gempa Signifikan

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
20 Mei 2019   13:30

Komentar
Ibu Kota Baru, Kalimantan Punya Riwayat Gempa Signifikan

Ilustrasi Ibu Kota baru dalam bayang bayang (Multi eksposure) (Foto : Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan telah memiliki kajian dan tahapan penting sebelum implementasi pemindahan Ibu Kota pada tahun 2024 direalisasikan. Dari sebagaian besar wilayah yang cukup kompetitif, Pulau Kalimantan menjadi kandidat terbesar lokasi baru Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Terkait kajian potensi bencana yang mungkin muncul khususnya gempa, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengemukakan bahwa Pulau Kalimantan juga memiliki sejarah gempa yang cukup signifikan. Menurut catatan BMKG setidaknya beberapa gempa besar telah menerjang pulau terbesar ketiga di dunia tersebut. 

Daryono merinci gempa dan Tsunami Sangkulirang Kalimantan Timur 14 Mei 1921. Dampak gempa Sangkulirang dilaporkan memiliki skala intensitas VII-VIII MMI, yang artinya banyak bangunan mengalami kerusakan sedang hingga berat. 

Baca Lainnya : Peneliti BMKG Imbau Ibukota Sulteng Pindah

"Gempa kuat ini diikuti terjangan tsunami yang mengakibatkan kerusakan di sepanjang pantai dan muara sungai di Sangkulirang, Kalimantan Timur," jelas Daryono di Jakarta, Senin (20/5). 

Untuk yang kedua kalinya gempa di Pulau Kalimantan tercatat di Tarakan Kalimantan Timur 19 April 1923 tercatat. Gempa Tarakan ini dilaporkan memiliki kekuatan magnitudo 7,0. Dampak guncangannya mencapai skala intensitas VII-VIII MMI yang artinya banyak bangunan mengalami kerusakan sedang hingga berat. Gempa ini menyebabkan banyak kerusakan bangunan rumah dan rekahan tanah.

Yang ketiga, Gempa Tarakan Kalimantan Timur 14 Februari 1925. Guncangan gempa ini dilaporkan sangat kuat mencapai skala intensitas VI-VII MMI hingga menyebabkan kerusakan banyak bangunan rumah di Tarakan. Keempat, gempa Tarakan Kalimantan Timur 28 Februari 1936. Gempa kuat yang ketiga kalinya ini terjadi dengan magnitudo 6,5. Gempa ini juga dilaporkan menimbulkan kerusakan bangunan rumah. 

Baca Lainnya : Ibu Kota Baru, Bebas Bencana dan Kerusakan Lingkungan jadi Kriteria Ideal

Selanjutnya, yang kelima gempa Pulau Laut Kalimantan Selatan 5 Februari 2008. Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 ini dirasakan guncangannya cukup kuat di Pulau Laut, Pulau Sebuku, Pulau Sembilan, Pagatan, dan Batulicin.

Gempa yang keenam tak kalah besar mengguncang  Tarakan Kalimantan Timur pada 21 Desember 2015. Gempa ini memiliki magnitudo 6,1. Pusat gempa terletak di laut dengan jarak 29 km arah timur laut Tarakan. Gempa ini merusak banyak bangunan rumah dengan aktivitas gempa susulan mencapai sebanyak 16 kali.

Baca Lainnya : Banjir dan Kerusakan Lingkungan Jakarta jadi Pertimbangan Terbesar Pemindahan Ibu Kota 

Diteruskan dengan gempa ketujuhyang terjadi di Kendawangan Kalimantan Barat 24 Juni 2016. Kali ini, gempa melanda wilayah Kalimantan Barat. Gempa dengan magnitudo cukup signifikan 5,1 ini menyebabkan beberapa rumah mengalami kerusakan.

Gempa Katingan  Kalimantan Tengah 14 Juli 2018 melengkapoi deretan gempa yang kedelapan. Gempa dengan magnitudo 4,2 ini guncangannya dirasakan di daerah Katingan, Kasongan, Batutinggi, dan Bengkuang dengan skala intensitas III-IV MMI. Gempa ini dilaporkan menyebabkan 1 rumah rusak ringan.

Terbaru, gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,1 mengguncang Kabupaten Paser Kalimantan Timur pada Minggu, 19 Mei 2019 pukul 20.13.07 WIB. Gempa tersebut terletak pada koordinat 1,10 LS dan 115,83 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km arah utara Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, pada kedalaman hiposenter dangkal 10 km. 

  2


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Jose Rimbawan 20 Mei 2019 - 19:11

Apakah transparansi selurh kajian di publish? Belum lihat kajian ekologi

jesica oktavia 20 Mei 2019 - 18:47

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: