Kembali Kunjungi NTT, Jokowi Resmikan Bendungan Rotiklot dan Tebar 200 Ribu Benih Ikan 

TrubusNews
Binsar Marulitua
20 Mei 2019   08:00 WIB

Komentar
Kembali  Kunjungi NTT, Jokowi Resmikan Bendungan Rotiklot dan Tebar 200 Ribu Benih Ikan 

Presiden Joko Widodo menabur benih ikan di Bendungan Rotiklot yang terletak di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/5). (Foto : Dokumentasi Sekretariat Negara)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan meresmikan Bendungan Rotiklot yang terletak di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/5). Dalam peresmian itu, Jokowi beserta rombongan akan menabur 200 ribu benih ikan berupa ikan nila, ikan mujair dan ikan karper.

"Pembangunan memang sudah selesai sejak tahun lalu. Bendungan dengan kapasitas 3,3 juta meter kubik itu juga sudah dilakukan pengisian air atau impounding sejak Desember 2018," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis, Minggu (19/5).

Rotiklot merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun pada periode 2015-2019. Groundbreaking Bendungan utu dilakukan oleh Presiden Jokowi pada 28 Desember 2015.

Baca Lainnya : Tak Hanya Mengairi 139 Hektare Sawah, Bendungan Rotiklot Jadi Destinasi Wisata Baru

Pembangunan bendungan juga diikuti dengan pembangunan jaringan irigasi. Dengan demikian infrastruktur yang dibangun dengan biaya besar itu dapat bermanfaat karena air dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi, mengatakan Rotiklot mampu memenuhi kebutuhan air baku masyarakat dan kegiatan Pelabuhan Atapupu hingga sebesar 40 liter per detik dan suplai irigasi seluas 149 hektare.

Bendungan Rotiklot juga berfungsi mengurangi risiko banjir yang kerap terjadi di Belu yang memiliki musim hujan singkat yakni sekitar 3 bulan namun dengan intensitas tinggi.

Pembangunan bendungan Rotiklot yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dikerjakan oleh PT Nindya Karya dan PT Universal Suryaprima dengan skema Kerja Sama Operasi dan menggunakan dana APBN senilai Rp496 miliar.

Baca Lainnya : Mandek Diterjang Banjir Bandang, PUPR Kebut Penyelesaian Bendungan Karlloe

Di NTT, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air juga telah menyelesaikan satu bendungan Raknamo dan Rotiklot. 

Masih terdapat lima bendungan lain di provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste itu yang akan dan sedang dibangun yakni Napun Gete, Mbay, Temef, Welekis, dan Manikin. 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: