Seorang Warga Padang Lawas, Diduga Diserang Harimau Hingga Tewas

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 2
17 Mei 2019   22:00

Komentar
Seorang Warga Padang Lawas, Diduga Diserang Harimau Hingga Tewas

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Hadi Nugroho)

Trubus.id -- Dugaan adanya konflik antara manusi dengan harimau dilaporkan terjadi di Desa Aek Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara (Sumut). Dugaan ini muncul setelah seorang warga ditemukan tewas di areal kebun Jembatan Bosi dengan kondisi mengenaskan.

Namun demikian, untuk memastikan dugaan tersebut, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) melakukan penyelidikan. Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi mengatakan, tim sudah diturunkan ke lokasi dengan membawa kandang harimau.

"Sudah di lapangan. Korban diautopsi dulu di rumah sakit. Harus ada minta pendapat dari ahli atau dokter, atau apa," kata Hotmauli, Jumat (17/5).

Baca Lainnya : Tiga Harimau Sumatera Berhasil Teridentifikasi di Berbak Sembilang

Diterangkannya, desa tersebut berdekatan dengan Suaka Margasatwa Barumun yang menjadi habitat harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). Pihaknya tidak bisa memperkirakan pergerakan harimau sumatera. Tim di lapangan telah membawa kandang dan bunyi-bunyian untuk menghalau. 

"Kita belum tahu keberadaannya. Jika misalnya nampak, dipancing masuk ke kandang," terangnya.

BBKSDA Sumut mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berada di ladang di atas pukul 17.00 WIB. Jika ladangnya berada jauh dari pemukiman, maka tidak diperbolehkan sendirian.

BBKSDA Sumut merasa prihatin dengan dugaan konflik harimau dengan manusia yang sedang terjadi.

"Dilematis juga. Itu habitatnya, tapi perkembangan manusia semakin dekat ke kawasan," ujarnya.

Baca Lainnya : Harimau Kembali Teror Warga Teluk Meranti, Sejauh Ini Korbannya Baru Sapi

Kepala Bidang BBKSDA Wilayah III Padang Sidempuan, Gunawan Azla mengaku bahwa timnya baru saja bergerak ke lokasi dengan membawa beberapa kelengkapan seperti kandang, senapan bius, dan lainnya. Tim diturunkan setelah mendapatkan informasi dari pihak kepolisian pukul 11.00 WIB. 

"Apakah itu karena harimau, nggak tahu juga. Dugaan seperti itu. Memang, daerah tersebut masuk dalam Resort Barumun III," sebutnya.

Korban atas nama Abusali Hasibuan, berumur 62 tahun, warga Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumut, ditemukan dengan kepala terpisah dan tangan kanan hilang pada Kamis (16/5) sekitar pukul 21.00 WIB. 

Pasca penemuan, Kepolisian Sektor Barumun dan TNI Koramil 08/Barumun, beserta pihak keluarga dan masyarakat, membawa jenazah korban ke RSU Sibuhua untuk dilakukan autopsi. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: