Dinas Kesehatan DKI Jakarta Siapkan Langkah Preventif Cegah Penyebaran Cacar Monyet

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Mei 2019   12:30 WIB

Komentar
Dinas Kesehatan DKI Jakarta Siapkan Langkah Preventif Cegah Penyebaran Cacar Monyet

Cacar ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiapkan langkah preventif guna mengantisipasi penyebaran monkeypox (cacar monyet) yang belakangan ini menghebohkan masyarakat di Indonesia karena ditemukan di Singapura. Mengingat, Singapura berdekatan dengan Indonesia.

Kepala Dinas Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan, cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus yang ditularkan dari hewan ke manusia.  Penyebaran virus akan terjadi jika manusia melakukan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Salah satu hewan pembawa virus ini adalah tikus.

Monkeypox sendiri awalnya merupakan penyakit yang terjangkit di Afrika bagian tengah dan barat dan kini muncul di Singapura.

Baca Lainnya : Cegah Cacar Monyet Masuk Indonesia, Pemeriksaan Kesehatan di Bandara Diperketat

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti meminta seluruh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan seluruh Puskesmas di DKI Jakarta untuk memberi edukasi atau pendidikan pencegahan kepada masyarakat cara-cara mengetahui gejala, tanda dan cara pencegahan agar tak terjangkit penyakit cacar monyet.

“Kami akan melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat di DKI Jakarta baik di rumah sakit dan juga puskesmas terkait penyakit cacar monyet,” kata Widyastuti di Jakarta, Jumat (17/5).

Dirinya berharap dan optimis, upaya sosialisasi ini menjadi solusi terbaik untuk mencegah datangnya virus cacar monyet masuk ke Indonesia khususnya Jakarta.

Baca Lainnya : Kementerian Kesehatan Minta Dinas Kesehatan dan UPT Siaga Cacar Monyet

"Kami membuat dan menyebarkan info ke semua rumah sakit, untuk antisipasi seandainya ditemukan kasus cacar monyet semua rumah sakit siap menanganinya," tambahnya lagi.

Widyawati menekankan bahwa sampai saat ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta belum menemukan ada warga Jakarta yang terjangkit cacar monyet. Meski begitu, pihaknya akan terus melakukan pengawasan ketat bagi warga Jakarta yang habis berpergian ke luar negeri khususnya Singapura untuk mengantisipasi tersebarnya cacar monyet. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: