Pondok Pesantren Sarana Tepat Menciptakan Wirausaha Cerdas

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
17 Mei 2019   08:00

Komentar
Pondok Pesantren Sarana Tepat Menciptakan Wirausaha Cerdas

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gubernur Riau H Syamsuar M.Si, mengungkapkan, pondok pesantren merupakan sarana yang cocok menimba ilmu keagamaan guna membangun generasi soleh dan generasi wirausaha cerdas.

"Untuk mencapai itu, diharapkan agar pondok pesantren di Riau memasukkan muatan wirausaha dalam pembelajaran sehari-sehari," ujar Gubernur Riau Syamsuar dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis (16/5).

Menurutnya, seperti Pondok Pesantren Nur Alif, jika sudah dilengkapi dengan pondok lainnya dapat memasukkan muatan wirausaha dalam dalam pembelajaran sehari-sehari, maka diyakini kelak saat anak lulus dari pondok selain menguasai ilmu agama dan ilmu umum, tetapi juga punya kemampuan dalam bidang wirausaha.

Baca Lainnya : Kementan Beri Bantuan Agribisnis Kepada Pesantren di Sulsel

Dalam rangka mendukung harapan tersebut, Gubernur menyampaikan perlu diwacanakan pembangunan universitas atau akademik komunitas bagi madrasah dan pondok pesantren yang menyesuaikan dengan potensi daerah yang dimiliki.

"Di Kabupaten Kepulauan Meranti, bisa dikembangkan universitas dengan akademik komunitas sagu, dan di Indragiri Hilir yakni akademik komunitas kelapa dan lainnya dengan waktu pendidikan selama 2 tahun," katanya seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Dirinya berharap, keberadaan pondok tersebut juga ada muatan wirausaha yang disesuaikan dengan potensi di daerah ini, sebagai upaya dalam meningkatkan SDM berkualitas.

Baca Lainnya : Dukung Santripreneur, Menperin Beri Bantuan ke Pondok Pesantren

Selain itu, sejalan dengan masterplan ekonomi syariah yang telah diluncurlan oleh Presiden beberapa waktu lalu,  Riau juga akan menerapkan empat poin tersebut, yaitu ekonomi berbasis industri halal, memajukan UKM/UMKM dan keuangan syariah serta digitalisasi.

Sementara itu, Pimpinan Pondok HM Suparman mengatakan, pembangunan pondok Nur Alif dimulai sejak tahun 2017 dan telah beroperasi sejak dua bulan terakhir dengan menampung 28 santri.

Baca Lainnya : Airlangga Hartarto: Pondok Pesantren Miliki Peran Penting Sebagai Agen Pembangunan

"Tahun 2019 menjadi tahun pertama penerimaan siswa baru, untuk saat ini sarana dan prasarana yang ada baru setingkat lokal, masjid dan 3 unit asrama yang dibangun menggunakan dana yayasan," ujarnya.

Untuk itulah, dengan diresmikannya Pondok Pesantren Nur Alif ini, oleh Gubri, tentunya masih berharap adanya dukungan lebih lanjut untuk memajukan pondok ini.  [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: