Meski Tak Terbukti Terinfeksi Cacar Monyet, 23 Orang di Singapura Tetap Jalani Karantina

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
16 Mei 2019   21:00

Komentar
Meski Tak Terbukti Terinfeksi Cacar Monyet, 23 Orang di Singapura Tetap Jalani Karantina

Ilustrasi cacar monyet (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Baru-baru ini Indonesia dihebohkan dengan kemunculan penyakit monkeypox (cacar monyet) di Singapura. Meski terbukti virus ini belum ditemukan di Indonesia, banyak masyarakat ikut merasa khawatir.

Pasalnya, 23 orang di Singapura mengaku melakukan kontak dengan seorang pria Nigeria yang positif terinfeksi cacar monyet pada awal bulan Mei lalu dinyatakan tim medis dalam kondisi baik. Namun meski ke 23 orang tersebut tak terbukti terinfeksi cacar monyet, mereka tetap di karantina hingga 21 hari usai melakukan kontak dengan pasien cacar monyet. Hal ini karena masa inkubasi (interval dari infeksi sampai timbulnya gejala) Monkeypox biasanya 6-16 hari, tetapi juga bisa berkisar dari 5-21 hari. Meskipun kebanyakan orang yang tertular biasanya akan menunjukkan gejala antara enam hingga 16 hari.

Baca Lainnya : Cegah Masuknya Virus Cacar Monyet, Bandara Minangkabau Pasang Detektor Suhu Tubuh

Lima orang dari 23 orang diduga tertular cacar monyet dari pria Nigeria merupakan warga Singapura. Saat ini kelima warga tersebut di karantina di rumah masing-masing. Sementara 17 warga diduga tertular cacar monyet di karantina di tempat terpisah.

“Biaya karantina ke-23 orang tersebut akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan Singapura,” demikian disampaikan juru bicara Kementerian Kesehatan Singapura, Kamis (16/5) mengutip The Star.

Ke-23 orang yang diduga tertular cacar monyet tersebut telah mendapatkan vaksin cacar. Vaksin cacar sendiri dapat memberikan perlindungan lebih dari 80 persen terhadap cacar monyet jika diberikan sebelum atau dalam waktu empat hari setelah paparan. Jika diberikan antara empat hingga 14 hari setelah paparan, itu mungkin tidak bisa mencegah infeksi tetapi dapat mengurangi gejala penyakit. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: