Cegah Masuknya Virus Cacar Monyet, Bandara Minangkabau Pasang Detektor Suhu Tubuh

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
15 Mei 2019   23:00

Komentar
Cegah Masuknya Virus Cacar Monyet, Bandara Minangkabau Pasang Detektor Suhu Tubuh

Bandara Internasional Minangkabau pasang detektor suhu tubuh untuk cegah masuknya virus cacar monyet. (Foto : Doc/ Angkasa Pura II)

Trubus.id -- Laporan adanya kasus cacar monyet atau monkeypox di Singapura berdampak hingga Indonesia. Berbagai upaya untuk mencegah virus itu menyebar di tanah air pun dilakukan. Hal yang sama juga dilakukan pihak otoritas Bandara Internasional Minangkabau, Padang.

Untuk mencegah virus itu masuk ke Indonesia, pengelola bandara kini memasang detektor suhu tubuh di ruang kedatangan penumpang. 

Baca Lainnya : Virus Cacar Monyet Belum Terdeteksi di Indonesia

Koordinator Wilayah Kerja Bandara Minangkabau Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang, Nurhusnida mengakui, alat pendeteksi suhu tubuh tersebut dipasang sebagai salah satu upaya mengidentifikasi penumpang yang suhu tubuhnya di atas normal.

"Jika ada penumpang yang lewat dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, alat tersebut akan berbunyi dan kami akan melakukan pemeriksaan dengan infra red untuk memastikan," katanya dilansir Bisnis.com, Rabu (15/5).

Menurutnya, jika penumpang tersebut terbukti suhunya di atas normal akan dibawa ke klinik untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh tim medis. Jika memang dibutuhkan jika ada indikasi cacar monyet, pihak bandara akan segera melaporkannya ke kantor pusat di Jakarta.

Baca Lainnya : Inilah Gejala, Tanda dan Cara Mencegah Penyakit Cacar Monyet

Nurhusnida mengatakan alat pendeteksi panas selain bisa mendeteksi gejala awal cacar monyet juga untuk mengidentifikasi meningitis bagi jamaah umrah yang baru pulang dari Tanah Suci.

Nurhusnida mengatakan saat ini penerbangan rutin dari luar negeri berasal dari Malaysia dengan tiga kali penerbangan per hari.

Pun demikian Nurhusnida mengatakan, belum ada penumpang yang terindikasi terjangkit virus ini. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: