Pulau Sumba Kerap Diguncang Gempa, BMKG Beberkan Alasannya

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Mei 2019   17:30

Komentar
Pulau Sumba Kerap Diguncang Gempa, BMKG Beberkan Alasannya

Ilustrasi gempa (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pulau Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu wilayah yang kerap diguncang gempa bumi. Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Waingapu, Sumba Timur, Arief Tyastama menjelaskan karena Pulau Sumba berada di atas pertemuan dua lempeng tektonik.

“Pertemuan dua lempeng tektonik ini yang menjadi alasan Pulau Sumba sering diguncang gempa bumi,” jelas Arief seperti dikutip Antaranews di Kupang, NTT, Rabu (15/5).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, selama bulan April 2019, telah terjadi 292 kali gempa bumi yang mengguncang wilayah Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Lainnya : Gempa Bumi Magnitudo 4,6 Guncang Kaimana, Tidak Berpotensi Tsunami 

Gempa bumi yang terjadi pada bulan April 2019 itu, berdasarkan kekuatan gempa lebih didominasi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,0 sebanyak 267 kejadian atau 91.44 persen dari seluruh kejadian gempa bumi pada bulan April 2019.

Sedangkan berdasarkan kedalaman pusat gempa bumi, katanya, didominasi oleh gempa dangkal dengan kedalaman kurang dari 60 kilometer, sebanyak 240 kejadian gempa bumi atau 82,19 persen dari seluruh kejadian gempa bumi selama April.

Dari 292 kejadian gempa bumi pada bulan April 2019 terjadi dua kali kejadian gempa bumi yang dirasakan yaitu pada 9 dan 15 April 2019 yang terasa di wilayah Pulau Sumba.

Terkait sejarah bencana gempa di Pulau Sumba, Arief menuturkan, pada 19 Agustus tahun 1977, wilayah selatan Pulau Sumba pernah dihantam gelombang tsunami.

Baca Lainnya : Gempa Bumi Tektonik Bermagnitudo 5,3 Guncang Sulawesi Utara saat Pagi Buta

Gelombang tsunami yang dipicu gempa berkekuatan magnitudo 7,0 itu berhasil meluluhlantahkan sejumlah desa di wilayah itu.

Selain itu, diakui Arief, gelombang tsunami di Selatan Sumba itu juga dirasakan di Pulau Sumba dengan gelombang tsunami sepanjang pantai Pulau Sumba setinggi 10 meter.

“Tinggi gelombang tsunami di pantai Utara Australia enam meter,” ungkapnya.

Akibat peristiwa tsunami itu, sebanyak 100 orang meninggal dunia, 75 orang luka-luka dan 89 korban dilaporkan hilang. Korban tersebut termasuk warga Sumba. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 15 Mei 2019 - 19:02

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: