BPBD Lebak Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Pergerakan Tanah Hingga 2 Bulan Kedepan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
15 Mei 2019   15:30

Komentar
BPBD Lebak Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Pergerakan Tanah Hingga 2 Bulan Kedepan

Rumah warga yang mengalami pergerakan tanah (Foto : ANTARA FOTO)

Trubus.id -- Retakan tanah yang terjadi di Desa Sudamanik, Kabupaten Lebak, Banten, masih mengancam keselamatan warga. Betapa tidak, akibat bencana pergerakan tanah tersebut, hingga saat ini sudah tercatat ada 118 rumah yang rusak. Yang lebih parah, 44 unit rumah kondisinya sudah memprihatinkan karena banyak bagian rumah yang roboh.

Melihat kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten menetapkan tanggap darurat bencana pergerakan tanah di Desa Sudamanik. Status ini berlaku hingga 2 bulan kedepan.

Baca Lainnya : Antisipasi Bencana Akibat Pergerakan Tanah, Puluhan Warga Lebak Tinggalkan Rumah

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi mengungkapkan, sampai saai ini warga yang rumahnya terdampak pergerakan tanah masih bertahan di posko-posko pengungsian. Pihaknya menjelaskan, status tanggap darurat bencana akan berlangsung hingga 4 Juli 2019 mendatang. Jangka waktu yang ditetapkan diambil mengingat kondisi curah hujan yang masih tinggi di wilayah tersebut, sehingga dikhawatirkan jumlah rumah yang rentan terjadi pergerakan tanah masih akan bertambah.

“Selama tanggap darurat mereka warga korban pergerakan tanah tinggal di tenda pengungsian,” kata Kaprawi di Lebak, Rabu (15/5) mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : Pergerakan Tanah di Lebak Semakin Parah, Warga Tagih Janji Relokasi

Guna mengantisipasi bencana alam tersebut, BPBD mendirikan dua tenda di lokasi pengungsian termasuk dapur umum untuk keperluan warga sehari-hari, terlebih saat ini mayoritas warga yang mengungsi tengah menjalani ibadah puasa. "Kami menjamin ketersediaan logistik mencukupi untuk warga yang berada di tenda pengungsian," ucapnya lagi.

Kaprawi menegaskan sampai saat ini dirinya menegaskan tidak ada korban jiwa akibat bencana pergerakan tanah tersebut. "Kami terus mengoptimalkan pelayanan kepada warga yang tertimpa korban bencana pergerakan tanah," pungkasnya. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 15 Mei 2019 - 19:02

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: