Harga Bawang Putih di Jogja Turun Jadi Rp38.000 Per Kg

TrubusNews
Astri Sofyanti
15 Mei 2019   10:30 WIB

Komentar
Harga Bawang Putih di Jogja Turun Jadi Rp38.000 Per Kg

Kebutuhan pokok di pasar tradisional (Foto : Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Harga bawang putih di Yogyakarta perlahan turun. Saat ini harga bawang putih di pasar tradisional Yogyakarta kisarannya sekitar Rp38.000 per kilogram (kg). Sebelumnya, harga bawang sempat melonjak ke angka Rp70.000 per kg. Bahkan di beberapa wilayah harganya mencapai Rp100.000 per kg.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutoni mengungkapkan, beberapa hari lalu harga bawang putih di pasar tradisional Yogyakarta masih berkisar Rp60.000 per kg.

“Hari ini harga bawang putih kembali normal yakni Rp38.000 per kilogram,” kata Yunianto di Yogyakarta, Rabu (15/5) mengutip Antaranews.

Diakui Yunianto, kembali normalnya harga bawang putih karena masifnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yogyakarta melaksanakan operasi pasar bawang putih sejak akhir April hingga awal puasa lalu. Operasi pasar bawang putih dilakukan dengan menggandeng importir bawang putih yang ada di kota pelajar tersebut. Meski harga bawang putih telah kembali normal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yogyakarta akan tetap memantau pergerakan harga di pasaran.

“Kami akan tetap berupaya menjaga stabilisasi harga, tidak hanya bawang putih tapi juga kebutuhan pokok lainnya selama Ramadan hingga Lebaran,” tambahnya.

Upaya yang akan dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam upaya stabilisas harga kebutuhan bahan pokok di Yogyakarta yakni dengan menerjunkan tim pemantau ke sejumlah pasar tradisional serta memastikan pendistribusian kebutuhan pokok berjalan lancar sehingga tidak ada gejolak harga selama Ramadan hingga Lebaran meski permintaan di masyarakat tinggi.

Lebih lanjut diakui Yunianto, ketersediaan bahan pokok lain di Yogyakarta masih mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran.

“Sejauh ini harga kebutuhan pokok masih stabil,” tutupnya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: