Harga Pangan Naik Jelang Lebaran, Perum Bulog: Pedagangnya yang Jual Mahal

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
14 Mei 2019   23:00

Komentar
Harga Pangan Naik Jelang Lebaran, Perum Bulog: Pedagangnya yang Jual Mahal

Pedagang komoditas pangan di pasar tradisional. (Foto : Trubus.id/ Herlin Saputra)

Trubus.id -- Seakan sudah menjadi tradisi, setiap mendekati hari raya Idul Fitri, harga komoditas pangan mengalami lonjakan. Kondisi ini sebenarnya terjadi sejak bulan Ramadan tiba. Namun demikian, menurut Perum Bulog, kondisi ini masih termasuk kategori wajar. Pasalnya, dalam kesempatan seperti itu, banyak pedagang yang dengan sengaja mencari untung berlebih. 

Direktur Pengadaan Perum Bulog, Bachtiar menjelaskan, pada dasarnya harga komoditas pangan dari tingkat produsen tidak tinggi saat Ramadan. Hanya saja, pedagang memilih untuk menaikkan harga guna mencari keuntungan saat permintaan mulai meningkat.

Baca Lainnya : Kemendag Optimis, Harga Bahan Pokok Tetap Stabil Hingga Lebaran

"Hari-hari Lebaran biasanya pangan selalu mahal kenapa? Ya karena kesempatan pedagang. Jadi walaupun dari petani murah, ya mereka jualnya mahal," ungkap Bachtiar dalam Diskusi Publik Pemuda Tani HKTI, Jakarta, dilansir dari Detik.com Selasa (14/5).

Baca Lainnya : Harga Bawang Berangsur Turun, Giliran Cabai dan Tomat yang Melambung

Pun demikian, Bachtiar mengakui ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan meningkatnya harga. Salah satunya seperti yang terjadi di awal Ramadan ini. Saat itu, ada keterlambatan distribusi bawang putih yang akhirnya berdampak pada lonjakan harga di berbagai wilayah. 

"Kalau ada keterlambatan ya meningkat. Bawang putih kemarin juga kan supply dan demand, kurang dan demand banyak pasti harga mahal," jelas dia.

Meski demikian, kondisi itu sudah berhasil dilalui. Harga komoditas bawang putih pun beranjak stabil setelah distribusi bawang impor yang masuk akhir April lalu disalurkan ke berbagai wilayah yang membutuhkan. Dengan begitu, harga pun beranjak normal kembali. [RN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: