Lima Jalur Perlintasan Gajah Disiapkan di Sepanjang Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
14 Mei 2019   18:40

Komentar
Lima Jalur Perlintasan Gajah Disiapkan di Sepanjang Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

Gajah liar di Riau. (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Guna menghindari konflik satwa akibat dampak pembangunan, berbagai upaya dilakukan pemerintah. Di Riau, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera pun menemui kendala ini. Lintasan tol rute Pekanbaru-Dumai melintasi habitat gajah.

Untuk menghindari konflik satwa tanpa merubah jalur lintasan hewan dilindungi itu, pelaksana proyek pembangunan jalan tol itu pun menyiapkan jalur khusus lintasan gajah. Lima jalur pun telah disiapkan untuk memfasilitasi gajah-gajah liar yang akan melintasi kawasan tersebut.

Baca Lainnya : Kawasan Konservasi Bentang Seblat Akan Dipasangi Koridor Gajah 

"Benar jalan tol Pekanbaru-Dumai akan melintasi jalur gajah. Namun kita sudah mempersiapkan alternatif dengan membuat underpass untuk gajah liar," terang Pimpinan Proyek Jalan Tol PT Hutama Karya di Seksi 3-4, Dinny Suryakecana dilansir dari detikcom, Selasa (14/5).

Ia menjelaskan, jalur lintasan itu nantinya akan berada di bawah jalan tol utama. Jalur under pass ini akan ditempatkan di jalur lintasan gajah liar yang ada di Kabupaten Bengkalis, Riau. Underpass itu disiapkan agar jalur jelajah gajah tidak terputus akibat adanya pembangunan jalan tol sepanjang 131 kilometer itu. 

"Ada 5 lintasan gajah yang nanti kita buatkan. Lintasan gajah ini tetap kita buat secara alami. Jadi nanti 5 lintasan tersebut yang akan menjadi lintasan gajah di kawasan tersebut sehingga jalan tol tidak memutus kawasan jelajah gajah," imbuh dia.

Baca Lainnya : BBKSDA Riau Ajak Perusahaan Pemegang Konsesi, Lindungi Gajah dengan BMP

Pelaksana proyek akan membuat underpass setinggi 5,1 meter. Ketinggian ini sudah dianggap memenuhi standar internasional. sementara lebarnya akan dibuat 20 hingga 40 meter. 

Upaya pembangunan jalur lintasan gajah ini sendiri sebelumnya sudah dikordinasikan dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sebagai pihak yang memahami persoalan tersebut.

"Kita tetap berkoordinasi dengan BBKSDA Riau terkait rencana jalur gajah di jalan tol tersebut," pungkasnya. [RN]   

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 14 Mei 2019 - 19:04

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: