Dua Gempa Tektonik Guncang Lombok, Getaran Terasa Kuat di Kawasan Bayan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
14 Mei 2019   17:03

Komentar
Dua Gempa Tektonik Guncang Lombok, Getaran Terasa Kuat di Kawasan Bayan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, hari ini, Selasa 14 Mei 2019, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang gempa tektonik sebanyak dua kali.

BMKG Stasiun Mataram mencatat, gempa pertama berkekuatan magnitude 4,0 terjadi pada pukul 14.19 WITA. Sementara gempa ke dua terjadi pada pukul 14.32 WITA, dengan kekuatan magnitudo 4,2 kembali.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto mengatakan, pusat gempa magnitude 4,0 terletak pada koordinat 8,23 Lintang Selatan dan 116,46 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer (km) timur laut Kabupaten Lombok Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Sementara gempa kedua berpusat pada koordinat 8,22 Lintang Selatan dan 116,48 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km timur laut Kabupaten Lombok Utara, pada kedalaman 10 km.

"Melihat episenter dan kedalaman hiposenternya, ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores," terang Agus di Mataram melalui siaran pers, Selasa (14/5).

Getaran gempa sangat dirasakan di wilayah Bayan Lombok Utara dan beberapa wilayah lainnya. Sementara di Mataram hanya beberapa warga yang merasakannya. Namun Meski diguncang gempa bumi dua kali berturut-turut, Agus menegaskan bahwa gempa tersebut tak berpotensi menimbukan tsunami. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 14 Mei 2019 - 19:04

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan: