Waspada Penularan Virus Cacar Monyet, Simak Imbauan Kemenkes 

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
14 Mei 2019   14:00

Komentar
Waspada Penularan Virus Cacar Monyet, Simak Imbauan Kemenkes 

Potret ilustrasi anak balita yang mengidap virus monyet (Foto : 30nobs.com)

Trubus.id -- Hingga saat ini memang belum ada catatan kasus cacar monyet (Monkeypox) di Indonesia. Tetapi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan menghindari kontak langsung dengan tikus atau primata.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengimbau masyarakat untuk membatasi paparan langsung dengan darah atau daging yang tidak dimasak dengan baik.

"Saya juga mengimbau untuk menghindari kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau material yang terkontaminasi, kemudian menghindari kontak dengan hewan liar atau mengonsumsi daging yang diburu dari hewan liar (bush meat)," kata Anung dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/5). 

Bagi pelaku perjalanan yang baru kembali dari wilayah terjangkit monkeypox, Anung juga mengimbau agar segera memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan. Terutama jika mengalami gejala-gejala demam tinggi yang mendadak, pembesaran kelenjar getah bening dan ruam kulit, dalam waktu kurang dari 3 minggu setelah kepulangan, serta menginformasikan kepada petugas kesehatan tentang riwayat perjalanannya.

"Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan dengan sabun," kata Anung.

Lebih jauh, ia juga mengimbau petugas kesehatan agar menggunakan sarung tangan dan baju pelindung saat menangani pasien atau binatang yang sakit.

Sebagai informasi, pada bulan Mei 2019 dilaporkan seorang warga negara Nigeria menderita monkeypox, saat mengikuti lokakarya di Singapura. Saat ini pasien dan 23 orang yang kontak dekat dengannya diisolasi untuk mencegah penularan lebih lanjut.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: