Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Berpuasa, Begini Cara Mengatasinya

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Mei 2019   11:31 WIB

Komentar
Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Saat Berpuasa, Begini Cara Mengatasinya

Seseorang yang tidak bisa mengontrol asupan makanan saat berbuka puasa hingga sahur justru akan menjadi overeat (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan nutrisi dan cairan dalam jangka waktu tertentu. Meski puasa memiliki beragam manfaat sehat bagi tubuh, organ tubuh manusia biasanya akan mengalami penyesuaian, hal inilah yang biasanya memicu sejumlah masalah kesehatan pada segelintir orang.

Head of Nutrifood Research Center, Astri Kurniati mengungkapkan sejumlah manfaat yang akan didapatkan ketika berpuasa, salah satunya menurunkan berat badan hingga memperbaiki profil kolesterol dalam darah.

Manfaat maksimal diperoleh jika kamu menerapkan pola makanan yang sehat selama berpuasa, jika tidak justru berbagai masalah kesehatan akan muncul.

“Seseorang yang tidak bisa mengontrol asupan makanan saat berbuka puasa hingga sahur justru akan menjadi overeat," kata Astri di Jakarta baru-baru ini.

Seseorang yang tidak menjaga pola makan sehat selama berpuasa rentan mengalami kekurangan gizi, dehidrasi, rasa panas dan perih (heartburn) hingga sembelit. Untuk mencegah masalah kesehatan itu, Astri menyarankan untuk mengonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi saat berbuka dan sahur.

Dirinya menuturkan sebaiknya seseorang menghindari makan-makanan yang kurang protein seperti nasi goreng, mie goreng, ataupu kwetiaw.

"Tambah protein agar kamu akan merasa kenyang lebih lama, seperti dengan meminum segelas susu, mengonsumsi tahu, tempe, ataupun telur serta sumber serat seperti sayur dan buah," ucapnya.

Sementara untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa, sebaiknya langsung mengonsumsi air putih saat berbuka puasa dan mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat, vitamin dan mineral.

“Jadi antara rentang berbuka dan sahur pemenuhan nutrisi itu sangat penting,” tambahnya.

Untuk masalah heartburn atau rasa panas dan perih biasanya akan terjadi jika seseorang terlalu banyak makan baik saat berbuka ataupun sahur kemudian langsung tidur. Astri menjelaskan hal ini terjadi karena bisa membuat lambung penuh sehingga terjadi heartburn.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: