Hasil Sidak, BBPOM Medan Temukan Mi Mengandung Formalin di Ramadan Fair

TrubusNews
Reza Perdana | Followers 2
11 Mei 2019   22:00

Komentar
Hasil Sidak, BBPOM Medan Temukan Mi Mengandung Formalin di Ramadan Fair

Sidak takjil mengandung zat berbahaya di Ramadan Fair Medan. (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menemukan mi mengandung formalin di salah satu stan penjual bakso di Ramadan Fair. Penemuan ini hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Kepala BBPOM Medan, Yulius Sacramento Tarigan mengatakan, dari hasil uji laboratorium pihaknya menemukan satu stan penjual bakso, yang diambil sampel mi-nya mengandung formalin. “Kandungan formalin itu kita temukan di mi kuning,” katanya, Sabtu (11/5). 

Baca Lainnya : Pastikan Jajanan di Ramadan Fair Aman Dikonsumsi, BBPOM Medan Gelar Sidak

Sacramento menegaskan, meski ditemukan kandungan formalin pada mi kuning basah di Ramadan Fair, tidak begitu mencolok. Pihaknya memastikan, jajanan di Ramadan Fair relatif aman dikonsumsi. 

“Makanan yang dijual di Ramadan Fair tahun ini relatif lebih aman dibandingkan tahun lalu,” tegasnya.  

BBPOM Medan saat ini sedang melakukan penelusuran untuk mencari sumber produsen mi berformalin yang ditemukan di Ramadan Fair. Sementara pedagang tepat ditemukannya mi berformalin diberikan edukasi.

Baca Lainnya : Satu Keluarga Keracunan Takjil Terkontaminasi Bakteri, Dinkes Cilegon Razia Pedagang Dadakan

“Kita telusuri dari mana mi itu diambil. Pedagang kita berikan edukasi agar lebih memahami,” terang Sacramento.

Sidak yang dilakukan petugas BBPOM Medan, Dinas Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan di Ramadan Fair pada Rabu (8/5) kemarin, untuk memastikan seluruh jajanan yang disajikan kepada masyarakat aman dari bahan berbahaya.

“Dalam sidak itu petugas melakukan pemeriksaan dari sampling jajanan yang kemungkinan mengandung boraks, formalin, dan pewarna textile,” tandasnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: