Kemendag Optimis, Harga Bahan Pokok Tetap Stabil Hingga Lebaran

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
11 Mei 2019   12:00

Komentar
Kemendag Optimis, Harga Bahan Pokok Tetap Stabil Hingga Lebaran

Ilustrasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Fluktuasi harga kebutuhan pokok kerap terjadi saat Ramadan hingga Lebaran. Namun demikian, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk mengantisipasinya. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) sendiri terus memantau ketersediaan barang kebutuhan pokok dan kestabilan harganya. 

Untuk memastikan harga tetap stabil, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti memantau langsung ketersediaan dan harga bapok di Giant Ekstra CBD Bintaro, Tangerang, Banten, Jumat (10/5) kemarin. Dia menegaskan, komoditas harga bapok yang berada di retail modern atau pasar tradisional cenderung stabil pada bulan ini.

Baca Lainnya : Kemendag Pastikan Kelancaran Distribusi Cegah Kelangkaan Bahan Pokok Hingga Lebaran

Sejauh ini, Tjahya menyampaikan, hanya harga bawang putih yang terpantau sedikit mengalami kenaikan terhitung hampir satu minggu bulan Ramadan kali ini. Sebaliknya, harga-harga bapok lainnya dipastikan akan stabil sampai dengan hari raya lebaran nanti.

“Tidak ada yang benar-benar mengkhawatirkan kecuali bawang putih. Jadi, insya Allah di puasa sampai lebaran aman semua,” katanya dilansir dari Jawa Pos, Jumat (10/5).

Tjahya menyatakan, persiapan stabilisasi harga di bulan puasa dan lebaran sejatinya telah dilakukan sejak 20 Maret 2019 lalu. Di antaranya, melalui rapat koordinasi tingkat nasional (Rakornas) yang dihadiri 34 kepala dinas provinsi yang membidangi perdagangan.

Baca Lainnya : Menteri Perdagangan Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Musiman

Waktu itu, kata dia, menteri perdagangan telah meminta seluruh kepala dinas, satgas pangan dan pihak terkait untuk melakukan operasi pasar guna memastikan pasokan dan harga bahan pokok di pasar tetap stabil. Kegiatan operasi pasar itu akan terus dilakukan sepanjang masa bulan Ramadan dengan opsi diperpanjang.

“Dua minggu sebelum lebaran semua staff di Kemendag akan turun lapangan ke daerah. Mereka baru boleh pulang H-1. Jadi ini bener-bener memang kita amati dari hari ke hari agar tidak terjadi lonjakan,” pungkasnya. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 11 Mei 2019 - 17:20

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 WA : +85581511017

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: