Gunung Semeru Kembali Dibuka untuk Pendakian Setelah 4 Bulan Ditutup

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
10 Mei 2019   15:00

Komentar
Gunung Semeru Kembali Dibuka untuk Pendakian Setelah 4 Bulan Ditutup

Tanjakan cinta Gunung Semeru (Foto : Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi G)

Trubus.id -- Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) dalam waktu dekat akan kembali membuka pendakian di Gunung Semeru mulai 12 Mei 2019. Sebelumnya gunung dengan ketinggian 3676 di atas permukaan laut tersebut ditutup pada tanggal 3 Januari guna memulihkan dan merevitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie mengatakan, berdasarkan pengamatan selama Maret hingga April 2019, frekuensi hujan di seluruh kawasan TNBTS relatif menurun dan tidak begitu ekstrim. Selain itu, minat masyarakat untuk melakukan pendakian ke Gunung Semeru juga semakin tinggi.

Baca Lainnya : Heboh Fenomena Gunung Semeru Bertopi, BNPB Tegaskan Bukan Mistis

"Maka pengelola memutuskan untuk membuka kembali jalur pendakian Gunung Semeru, pada tanggal 12 Mei 2019," ujar John, di Kota Malang.

John menjelaskan, pembukaan pendakian Gunung Semeru akan didahului dengan berbagai macam kesiapan pengelola untuk memastikan bahwa jalur pendakian layak dan kondusif. Persiapan tersebut diantaranya adalah, pengecekan jalur pendakian oleh petugas TNBTS.

Selain itu, juga ada perbaikan sarana dan prasarana jalur pendakian, dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan berkaitan dengan rencana penbukaan pendakian Gunung Semeru, dan pelatihan kesiapsiagaan bencana yagn diikuti petugas dan mitra, serta relawan.

Baca Lainnya : Ada Salju di Puncak Gunung Semeru, Ini Penyebabnya

"Masyarakat diharapkan tetap mentaati prosedur atau peraturan yang berlaku, mempersiapkan fisik dan mental mengingat pendakian adalah wisata minat khusus," kata John sepertri dikutip Antaranews.

Selain itu, diharapkan masyarakat juga menggunakan jalur resmi, serta ikut melestarikan ekologi kawasan TNBTS dengan tidak membuang sampah di dalam kawasan, dan tidak mengganggu flora dan fauna TNBTS. Informasi tertait pendakian, masyarakat bisa mengunjungi laman www.bromotenggersemeru.go.id.

Sebagai informasi bahwa saat ini sistem booking online TNBTS sudah mengalami perbaikan melalui Sistem Virtual Account. Layanan virtual account tersebut untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pendaftaraan pendakian Semeru sehingga tidak harus melalui mekanisme menunggu konfirmasi admin pendakian BB TNBTS. [NN]
 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 10 Mei 2019 - 15:27

Minimal Depo 20rb & WD 50rb cs online 1x24 jam WA : [+855]964630067

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: