Hari Ke 4 Ramadan, Cabai Merah dan Bawang Putih di Medan Masih Melambung Tinggi

TrubusNews
Syahroni
09 Mei 2019   16:30 WIB

Komentar
Hari Ke 4 Ramadan, Cabai Merah dan Bawang Putih di Medan Masih Melambung Tinggi

Pedagang di Pasar Tradisional Petisah Medan masih mengeluhkan tingginya harga cabai dan bawang., (Foto : Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Harga komoditas cabai merah dan bawang putih di Kota Medan masih jauh di batas harga normal. Kenaikan harga ini terjadi pada hari keempat bulan suci Ramadan atau Kamis (9/5).

Seorang pedagang di Pasar Tradisional Petisah Medan, Nur Cahya mengatakan, harga cabai merah yang dijualnya Rp 60.000/Kilogram. Sedangkan bawang putih 90.000/Kilogram.

“Sebelum Ramadan, harga cabai merah juga sudah mengalami kenaikan. Awalnya Rp 30.000/Kilogram, naik Rp 50.000/Kilogram, dan saat ini Rp 60.000/Kilogram,” kata Nur.

Baca Lainnya : Pastikan Jajanan di Ramadan Fair Aman Dikonsumsi, BBPOM Medan Gelar Sidak

Nur mengaku, kenaikkan harga cabai merah dan bawang putih tersebut dikarenakan stok di Pasar Induk Lau Cih, Tuntungan, sedikit. Bahkan, stoknya terbatas. “Cabai merah ini asalnya dari daerah pegunungan seperti Karo dan sekitarnya. Beberapa hari ini stok cabai merah kosong,” ungkapnya.

Baca Lainnya : Persediaan Menipis, Harga Bawang Putih di Berbagai Wilayah Melonjak Tajam

Selain cabai merah dan bawang putih, cabai hijau juga mengalami kenaikan harga hingga Rp 20.000/Kilogram. Saat ini cabai hijau dijual di angka Rp 40.000/Kilogram. “Kalau cabai rawit masih tetap di kisaran Rp 50.000/Kilogram,” ujar Nur.

Di Pasar Simpang Limun, harga bawang putih juga mengalami kenaikan. Di pasar ini harga bawang putih sedikit lebih mahal, yaitu Rp 95.000/Kilogram. “Di sini harganya Rp 95.000/Kilogram. Stoknya sikit,” ucap seorang pedagang di Pasar Simpang Limun, Khanifa.

Sementara untuk bawang merah, di Pasar Simpang Limun harganya masih normal, yaitu Rp 32.000/Kilogram. “Normal masih. Sebelum puasa, harga bawang merah memang segitu,” tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: